Yakesma, Filantropi yang Siap Sejahterakan Guru dan Da’i Indonesia

gomuslim.co.id – YAKESMA adalah lembaga Amil Zakat Nasional yang telah memiliki legitimasi dari Kementrian Agama RI dengan SK No 951 tahun 2017. YAKESMA kembali mengajak donatur, mitra, pemerintah, media, dan masyarakat secara umum untuk semakin banyak berbagi. Berbagi menjadi salah satu aksi nyata, agar bisa membantu sesama yang membutuhkan lebih banyak dan menjangkau wilayah yang semakin luas.

Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) didirikan pada 4 Juli 2011, lahir dari sebuah kepedulian akan kehidupan para guru dan Da'i di kota maupun di pelosok pedesaan yang tetap bersemangat dalam memperbaiki masyarakatnya. Dalam proses perbaikan masyarakat tersebut para dai beserta elemen masyarakat yang lain seperti para guru dan penggiat kebajikan lainnya yang penuh dedikasi terkadang mengeluarkan pengorbanan yang lebih dari batas-batas materi yang mereka miliki. Terlebih lagi di saat mereka kekurangan dan mendapatkan musibah ketika menjalankan tugas. Seperti masalah kesehatan Da'i dan keluarganya, perawatan rumah sakit dan kasus kesehatan lainnya. Selain itu ketika anak mereka akan masuk sekolah atau juga ketika mereka tidak memiliki rumah sebagai kebutuhan primer sebuah keluarga.

Pada saat yang sama kemampuan ekonomi para Da'i pun belum di tunjang oleh profesi yang di sandangnya saat ini dan juga oleh usaha mereka. Sampai saat ini masih sedikit lembaga yang memperhatikan kehidupan mereka sehingga yang terjadi adalah proses perbaikan di dalam masyarakat terganggu. Untuk itulah lembaga YAKESMA berdiri untuk membantu mereka dalam rangka meringankan beban guru dan Da'i di bidang kesehatan, pendidikan dan perumahan sehingga mereka dapat lebih fokus dalam proses perbaikan di masyarakat.

Yakesma memiliki Visi “Menjadi lembaga filantropi yang terpercaya, professional, dan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu memiliki misi “Mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membangun kemitraan lembaga filantropi dari dalam negeri dan luar negeri, serta menciptakan program layanan dan pemberdayaan yang professional dan terpercaya.

Dalam berkembangnya Yakesma, terdapat management dan direksi yang professional, diantaranya, Imam Santoso, Lc MA selaku Dewan Syariah, DR Oni Sahroni MA selaku Dewan Pakar, Sahabudin Ak MA selaku Direktur Utama, Wahyudin Kurniawan selaku Direktur Bisnis, Arif Santoso selaku Direktur Umum dan Keuangan, Ade Dodo selaku Direktur Kemitraan dan Jaringan, Sofyan selaku Direktur Program dan Pendayagunaan, Arifudin Muchtar selaku Direktur Nazhir Wakaf, dan Amiruddin selaku DIrektur Kemitraan Wakaf.

Secara legalitas, Yakesma menggunakan notaris Acts Yuliati Gantini SH. Irma Rachmawati SH/Surrogate No. 6 Date 4 th of July 2011 Widiyatmoko, SH. No. 14 Date 12th of April 2013. Yakesma juga teregistrasi di Nazar Wakaf in Badan Wakaf Indonesia dengan No. 3.3.00102. dan Lembaga Amil Zakat berdasarkan SK Kemenag RI No. 951 Tahun 2017 sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional.

Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) berlokasi kantor di Jalan Teluk Kumai Nomer 51, Komplek AL Rawa Bambu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Kontak Center (021) 7828 017 atau 0822 7333 3477 dan email welcome@yakesma.org. (hmz/gomuslim)

 

Baca juga:

Sambut Ramadhan, Yakesma Luncurkan Program ‘Bersyukur dengan Zakat’


Back to Top