#MuslimLifestyle

Jangan Lewatkan Sepertiga Malam! Ini Tujuh Tips Agar Bangun Shalat Tahajud

gomuslim.co.id - Shalat Tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan di malam hari. Ibadah ini banyak memiliki nilai pahala yang besar. Namun, masih banyak muslim yang belum bisa melaksanakannya karena tidak bisa bangun di malam hari.

Keutamaan Shalat Tahajud tercantum dalam Alquran Surah Al-Israa’ ayat 79

dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.

Sahabat gomuslim, bagaimana caranya agar kita bisa bnagun di sepertiga malam untuk Sahlat tahajud?

 

Ini tujuh tips agar bisa bangun sholat Tahajud:

 

 1. Niat Kuat untuk Bangun

Segala sesuatu tergantung niat. Nah, begitu juga jika sahabat gomuslim ingin Shalat Tahajud. Hal pertama adalah harus mantapkan niat untuk bangun di waktu shalat Tahajud. Dengan niat, seseorang akan melakukan segala persiapan untuk mewujudkan niatnya.

2. Jangan Begadang!

Usahakan tidur maksimal jam 10 Malam. Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup. Maka dari itu, jika ingin bangun di sepertiga malam, usahakan untuk tidur lebih awal. Maksimal jam 10 jika ingin bisa bangun jam 2.00 pagi. Agar kondisi tubuh segar setelah tidur 4 jam.

3. Hindari Makan Malam

Mulailah membiasakan untuk makan tidak melebihi jam 6 sore. Karena makan kenyang akan membuat perutterasa penuh dan malas bergerak. Pilihlah menu-menu yang sesuai agar  pencernaan juga bisa menjadi lebih relaks saat tidur sehingga menjadi lebih mudah bangun dini hari.

4. Tidur dengan posisi miring ke kanan atau menghadap ke kanan

Posisi juga bisa mempengaruhi kualitas tidur. Posisi tidur miring ke kanan ini diyakini bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan posisi ini juga sesuai dengan contoh dari Nabi. Posisi ini dapat membantu jantung memompa darah dengan maksimal sekaligus mengistirahatkan otak kiri yang biasa digunakan sehari-hari untuk bergerak.

5. Minum segelas air putih sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

Air putih akan membantu tubuhmu menjadi lebih segar dengan asupan oksigen yang ada dalam air mineral. Selain itu, asupan cairan juga akan membuat tidurmu menjadi lebih berkualitas. Gak jarang kamu juga menjadi lebih merasa bugar saat tersadar dari lelap tidur di tengah malam.

6. Pasang Alarm atau Minta Orang Terdekat Membangunkan

Memasang alarm merupakan cara yang paling konvensional. Ada yang berhasil ada juga yang tidak. Cara yang baik untuk memasang alarm yaitu pilih nada alarm yang lembut lalu semakin lama semakin keras.

Ketika terbangun dengan tiba tiba karena nada alarm yang keras akan membuat badan menjadi kaget dan bangun tidak segar. Kalau alarm tidak berhasil, sahabat gomuslim bisa manfaatkan orang-orang terdekat untuk membangunkanmu. Misalnya orang tua atau teman yang biasa bangun tengah malam.

7. Disiplin Bangun di Sepertiga malam Setiap Hari

 Jika sudah menemukan waktu tidur yang pas di sepertiga malam, sekarang waktunya menerapkan bangun malam setiap hari.

Membiasakan bangun di tengah malam untuk shalat Tahajud memang tidak mudah. Mulai lah dengan 1 hari lalu berikutnya bangun lagi dan menerus selama 1 minggu. Jika dalam 1 minggu hanya beberapa hari saja yang bisa bangun maka bisa dikoreksi alasan kenapa tidak bisa bangun.

Yuk jadikan Sholat Tahajud ini sebagai Lifestyle kita sebagai Umat Muslim!

 

Wallahu A’lam Bishowab

-Dari berbagai sumber.

 

Baca juga:

Ini Panduan Sholat Tahajud untuk Muslim


Back to Top