#MuslimLifestyle

Ini yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Berangkat Haji dan Umrah

gomuslim.co.id - Sahabat gomuslim, untuk persiapan berangkat haji dan umroh, berdasarkan rekomendasi Kemenang, kita harus pastikan lima hal berikut:

1.      PASTIKAN TRAVELNYA BERIZIN

Sebelum daftar haji/umroh, kita harus pastikan travel agentnya memiliki izin resmi dari Kemenag. Kamu bisa cari informasi mengenai izin travel di website Kemenag, atau cek di sosial media mereka, dan agar lebih jelas datangi kantornya.

2.  PASTIKAN JADWALNYA

Nah, ini juga perlu kamu perhatikan. kita harus mengetahui jadwal kapan keberangkatan dan kepulangan Anda melalui travel umroh yang Anda pilih. Karena ini menyangkut dengan jadwal perencanaan waktu Anda. Anda harus tau jadwal dari berangkat hingga pulang.

3.      PASTIKAN TERBANGNYA

Selain itu, Anda pun harus tahu, dengan pesawat apa Anda berangkat. Anda juga harus memastikan melalui embarkasi mana Anda akan berangkat. Apakah pesawat melakukan transit atau tidak. Bagaimana Tax nya. Dan lain sebagainya.

4.      PASTIKAN HOTELNYA

Pastikan Anda mengetahui tempat hotel Anda menginap. Karena itu akan memudahkan aktvitas Anda di Tanah Suci. Bintang berapakah hotel tersebeut. Fasilitas apa yang Anda dapatkan dari hotel tersebut dan lain sebagainya.

5.      PASTIKAN VISANYA

Kamu  harus memastikan bahwa visa kamu  sudah selesai sebelum keberangkatan. Visa ini berguna sebagai surat izin untuk masuk ke tanah Arab. Karena terkadang banyak jamaah yang gagal berangkat karena visanya belum jadi.

Nah, sahabat gomuslim, selain 5 PASTI rekomendasi Kemenag, ada lagi nih tips yang bisa kita terapkan agar siap berangkat HAJI:

1. Niat Haji dan Umrah Hanya untuk Allah SWT

Niat adalah bagian penting dari pelaksanaan ibadah haji atau umrah. Luruskan niat kamu hanya untuk Allah SWT. Bersihkan hati dari sifat suka pamer dan sombong agar ibadah sempurna.

2.      Melengkapi Dokumen

Jadwal keberangkatan haji bisa dilihat selang beberapa hari sesudah penyerahan dokumen. Jika peserta berusia di atas 60 tahun, biasanya berangkat lebih awal. Sebaliknya, peserta berumur di bawah 60 tahun harus bersabar selama kurang lebih 10 sampai 20 tahun.

Untuk ibadah haji, ada aturan khusus dalam pengurusan dokumen. Tugas peserta haji hanya menyerahkan bukti setoran BPIH, formulir SPPH, pas foto, salinan surat keterangan sehat, akta kelahiran, ijazah, buku nikah, KK, serta KTP. Semua berkas tersebut diserahkan ke kantor wilayah Kementerian Agama. Setelah pemeriksaan dokumen selesai, kamu akan masuk dalam daftar tunggu di Kemenaghaji.

3.      Persiapan Fisik dengan Rajin Olahraga

Selagi masih di tanah air, Anda mesti menyiapkan stamina. Pasalnya, saat melaksanakan ibadah haji dan umrah, banyak kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik. Jika kondisi tubuh melemah, dipastikan aktivitas tersebut terhambat.

Latihan fisik bisa dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur, misalnya lari-lari di halaman rumah setiap pagi. Perbanyak berjalan kaki, minum air putih, serta mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Kemudian, biasakan beristirahat lebih awal dan bangun pagi agar tubuh tetap bugar.

4.      Mengikuti Latihan Manasik Haji

Manasik haji adalah kegiatan simulasi pelaksanaan ibadah haji. Lokasinya bisa di lapangan atau halaman yang luas. Kondisi tempat tersebut dirancang seperti Mekkah. Semua pesertanya wajib memakai pakaian ihram.

Selama manasik haji, seluruh peserta mendapatkan pelajaran tentang rukun haji, syarat, serta rangkaian ibadah yang harus ditunaikan. Misalnya, cara melakukan tawaf, sai, lempar jamrah, dan wukuf.

5.      Mengemas Barang-Barang yang Perlu Dibawa

Selama haji atau umrah, Anda perlu membawa beberapa barang penting. Pasalnya, pelaksanaan ibadah tersebut menghabiskan waktu relatif lama. Terutama saat menunaikan haji, membutuhkan waktu kurang lebih 40 hari.

Wallahu A’lam Bishowab.

 

-Sumber: Haji Kemang, dari berbagai sumber.

 

 

Tonton juga Videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

Persiapan Wajib Sebelum Berangkat Haji dan Umroh

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top