#RamadhanGuide (1)

Begini Cara Agar Ramadhan Kita Produktif

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa. (QS. Al Baqarah: 183)

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, Alhamdulillah 1 Ramadhan 1440 hijriyah jatuh pada hari ini, Senin, 6 Mei 2019. Ramadhan bulan penuh berkah yang kita tunggu-tunggu ini sekarang sudah tiba, sudahkah kita mempersiapkan diri untuk mengisi waktu-waktu mustajab selama Ramadhan?

Nah, untuk menjadikan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun lalu dan lebih produktif dalam kegiatan positif, berikut gomuslim kasih tips agar ramadhan kita lebih produktif:

1.      Persiapkan Diri dari Segi Jasmani dan Rohani

Sahabat, berpuasa bukan alasan untuk malas-malasan, karena masih tetap aktif menjalankan aktivitas sehari-hari, kita patut bersyukur hal-hal yang menjadi kegiatan postif kita, seperti bekerja (mencari nafkah halal), kuliah (belajar), dan hal-hal baik lainnya bisa bernilai ibadah di sisi Allah Subhannalah wa ta’ala.

Untuk mempersiapkan diri menahan lapar dan haus selama puasa ramadhan, sebaiknya kita  juga mempersiapkan jasmani dan rohani kita. Dari segi jasmani, jangan sampai kita menjadi lemah dan tidak produktif selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, karena itu persiapkan jasmani kita dengan makanan-makanan bergizi, khususnya untuk menu sahur dan saat buka puasa.

Saat Ramadhan, tubuh diberi waktu dua kali untuk makan, yaitu saat sahur dan berbuka puasa (waktu maghrib). Waktu makan di bulan Ramadan agak berubah dibandingkan dengan hari biasanya. Selain itu, porsi makan mungkin juga dapat berubah. Namun, usahakan untuk tetap memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan, dan juga makan beragam makanan yang mengandung zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

 

Makanan sehat dan bergizi. Foto: alodokter

 

Jangan lupa juga minum air putih yang cukup di malam hari, agar tidak dehidrasi selama puasa di siang hari.

Selain itu, selama puasa ramadhan, kita juga bisa tetap berolahraga. Tentu bukan olahraga berat, untuk yang punya waktu luang bisa melakukan olahraga ringan seperti senam atau pemanasan ala hit kardio beberapa waktu sebelum buka puasa. Jika kita ingin berolahraga di bulan ramadhan, pertama yang harus diperhatikan adalah waktu melakukan olahraga. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga di saat waktu puasa. Seperti yang dilansir dari thenational dan islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena saat puasa perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Sedangkan, dari sisi rohani. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas ibadah wajib; sholat lima wkatu, misalnya dari yang dulu sebelum ramadhan sholat tidak tepat waktu, maka sekarang menjadi di awal waktu. Selain itu, persiapkan diri untuk meningkatkan ibadah puasa ramadhan dengan ubadah-ibadah sunnah, seperti bersedekah, sholat sunnah rawatib, sholat tarawih, dan ibadah-ibadah lainnya.

2.      Catat Jadwal dan Planning Selama 1 bulan

Ilustrasi wishlist: Indesign

 

Buatlah wishlist atau daftar tujuan yang ingin kita capai selama 1 bulan di ramadhan tahun ini. Misalnya harus khatam Alquran 1 juz, bersedekah setiap hari, dan hal-hal baik lainnya.

Setelah itu jangan lupa catat. Jika perlu pakailah bantuan aplikasi di ponsel pintar kamu atau tulis dan cetak di kertas agar bisa ditempel di kamar, meja belajar, atau ruang kerja kamu.

3.      Gunakan Alat Bantu

Aplikasi populer permudah ibadah. Sumber: teknookezone

 

Jika kamu kesulitan untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang sudha dibuat selama bulan Ramadhan ini, maka bisa andalkan alat bantu, misalnya alarm untuk membangunkan sahur, note planner untuk mencatat jadwal dan list tujuan-tujuan kamu untuk dilakukan selama bulan Ramadhan, dan terakhir gunakanlah atau unduhlah aplikasi permudah ibadah di smarthphone kamu untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan ibadah selama ramadhan.

4.      Libatkan diri di lingkungan yang Positif dan Produktif

Lingkungan menentukan bagaimana diri kita, karena itu libatkanlah diri kita ke komunitas-komunitas dakwah atau ikutilah kajian ramadhan di masjid-masjid terdekat. Hal ini bisa memotivasi kita untuk tetap berbuat baik, mencapai target ibadah, dan menambah lingkungan baru dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

5.      Disiplin

Ada pepatah yang mengatakan “Disiplin tidak menentukan orang sukses, tapi semua orang sukses itu pasti disiplin.” Nah, sahabat gomuslim, selama ramadhan ini yuk kita lebih mendisiplinkan diri untuk kegiatan-kegiatan kita, baik dalam kegiatan aktivitas sehari-hari sampai dalam hal beribadah. Misalnya dengan sholat wajib tepat waktu dan tidak bermalas-malasan.

Karena bulan Ramadhan ini menjadi moment yang pas untuk kita mendekatkan diri kepada Allah subhanallah wa ta'ala dan menambah kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi. (HR. Tirmidzi; hasan)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top