#RamadhanGuide (2)

Ini Tips Sehat Berolahraga Meski Berpuasa

gomuslim.co.id - Sahabat gomuslim, saat puasa pasti kita agak malas untuk berolahraga ya. Biasanya tiap pagi atau sore jogging, stretching. Tapi saat bulan Ramadhan rasanya lemas dan kurang bergairah untuk berolahraga.

Tapi sebenarnya, berpuasa bukan menjadi alasan Sahabat gomuslim untuk nggak berolahraga lho. Ada banyak aktivitas olahraga ringan yang bisa kamu coba selama menjalankan puasa. Berikut tips Bugar Berolahraga Meski Berpuasa:

1. Pilih olahraga ringan (Jogging dan Stretching)


 

Jika biasanya kamu suka running pagi-pagi, saar bulan Ramadhan disarankan untuk olahraga ringan jalan santai dan peregangan otot saja. Jalan ringan bisa dilakukan saat sepulang sholat subuh di masjid atau sore sembari ngabuburit dengan rentang durasi 20-30 menit.

Sementara, untuk peregangan otot (stretching) bisa dilakukan di depan rumah sembari menunggu waktu imsyak dan berbuka puasa. Peregangan otot bisa dilakukan dengan cara mengikuti gerakan pemanasan saat senam. Waktu durasi cukup 10-20 menit.

 

2.      Pilih olahraga Memanah



“Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi).

Nabi Muhammad bahkan menyatakan pentingnya memanah dengan mengatakan

“Kekuatan itu adalah memanah”:

Uqbah Ibnu Amir ra berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW di atas mimbar membaca (artinya = Dan siapkanlah kekuatan dan pasukan berkuda untuk menghadapi mereka sekuat tenagamu-ayat, ingatlah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ingat bahwa kekuatan itu adalah memanah.” Riwayat Muslim.

 “Lemparkanlah panahmu itu, saya bersama kamu.” (Riwayat Bukhari)

“Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik).

Selain Jogging, Stretching, dan Yoga. Memanah menjadi salah satu alternatif olahraga yang disarankan saat berpuasa. Hal ini lantaran, memanah tidak membutuhkan banyak pergerakan atau tidak masuk dalam ketegori olahraga berat.

Tak hanya itu, memanah juga menjadi salah satu olahraga yang disunnahkan Rasulullah SAW diantaranya; berenang, berkuda, dan memanah. Memanah dapat melatih fokus dan konsentrasi Sahabat gomuslim. Waktu durasi memanah cukup 30-40 menit sebelum berbuka puasa.

 

3. Yoga


 

Yoga adalah olahraga yang fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja. Saat puasa, yoga dapat menjadi ide olahraga yang tidak terlalu berat. Sahabat gomuslim bisa melakukan yoga di ruangan ber-AC atau ruangan yang sejuk di tempat tinggal. Yoga juga bisa dilakukan pada saat sore hari menjelang buka puasa atau saat subuh sebelum sahur. Waktu durasi yoga cukup 30-40 menit.

 

4. Gunakan sportware yang nyaman dan tidak tebal


 

Saat kamu memilih untuk berjogging di pagi hari atau sore, perhatikan pakaian olahraga (sportware) yang kamu kenakan. Jangan sampai karena masalah sportware yang kurang nyaman, membuat kamu kepanasan dan akhirnya dehidrasi. Pakailah sportware yang berbahan tipis (tidak menerawang dan ketat), hijab yang berbahan dingin (voal atau paris) dan tidak banyak gulungan di leher. Sehingga membuat pergerakan tubuh kamu saat berolahraga nyaman. Karena dengan pakaian nyaman akan meningkatkan rasa percaya Sahabat gomuslim.

 

5. Cukup minum air putih dan cairan elektrolit


 

Minuman air seperti air kelapa dapat meningkatkan elektrolit dalam tubuh, yang dapat membantu fungsi jantung, saraf, dan otot. Dengan memperbanyak minum air putih dan cairan elektrolit alami (air kelapa) dapat membuat tubuh berenergik berolahraga meski sedang berpuasa.

 

6. Hindari makan gorengan berlebih


 

Jika Sahabat gomuslim sedang menjalankan program diet. Meskipun sedang berpuasa jangan berhenti untuk konsistem dalam menjaga pola makan dan olahraga. Biasanya saat berbuka puasa, hidangan ‘gorengan’ menjadi menu andalan yang selau diserbu. Tapi eitsss, hindari makan-makanan yang digoreng dengan minyak berlebih ataupun makanan berlemak jika ingin diet dan olahraga Sahabat gomuslim berhasil. Sukseskan program tubuh ideal saat Hari Raya Idul Fitri mendatang. (nat/hellosehat/mediaislam/foto:hellosehat/ist)


Back to Top