#RamadhanGuide (4)

Tips Hilangkan Rasa Kantuk Saat Berpuasa

gomuslim.co.id Sahabat gomuslim, ketika sedang berpuasa didalam tubuh banyak nutrisi yang tidak terpenuhi secara maksimal, sehingga stamina dan  energi tubuh akan terasa terbatas pada siang hari. Tak terkecuai saat sedang beraktivitas yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan terserang rasa kantuk.

Sahabat, Apakah kamu tipe orang yang mudah mengantuk? Kalau ya, di bulan Ramadan ini kamu akan semakin ditantang untuk mengatasi ngantuk saat puasa. Bila selama ini Anda mengandalikannya dengan meminum kopi atau makan camilan supaya pikiran lebih segar, di bulan puasa tentu Anda harus pakai cara lain. Kira-kira bagaimana cara yang ampuh untuk mengatasi kantuk saat sedang berpuasa?

Di bulan puasa, siklus tidur anda pasti ada perubahan, selain mungkin anda akan tidur jauh lebih malam karena membaca tadarus Qur’an, atau mungkin aktivitas kamu yang terlalu banyak dengan tambahan berbuka bersama dengan kerabat. Selain itu sahabat, kamu juga di tuntut harus bangun jauh lebih awal karena harus melaksanakan Sahur. benar bukan?

Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Maka, keesokan harinya Anda pun jadi mengantuk. Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam. Maka kamu menjadi lebih lemas dan mengantuk.   

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar Anda bisa mengatasi ngantuk saat puasa. Catat baik-baik tips berikut ini, ya!

1. Membaca Alquran

Sebagai umat islam yang bertaqwa dan ikhlas menjalankan ibadah puasa dapat memilih cara menghilangkan ngantuk saat puasa dengan jalan membaca Alquran. Membaca Alquran dapat menenangkan hati, meningkatkan rasa nyaman, mengurangi rasa gelisah dan melenyapkan rasa haus, lapar bahkan rasa kantuk yang luar biasa.

Tetapi membaca alquran sebaiknya sebelumnya dilakukan dengan cara berwudhu lalu duduk senyaman mungkin dan bukan dengan cara tiduran. Karena salah satu resiko membaca sambil tiduran adalah dapat menurunkan kualitas ketajaman penglihatan mata.

2. Menghafal Juz Amma

Sahabat, di setiap aktvitas kita pasti ada nilai ibadah saat ramadhan. Mungkin dengan kita melakukan hafalan Qur’an pada juz amma atau pada juz ke-30, selain anda menghilangkan rasa ngantuk, juga dapatkan pahala serta memiliki tabungan hafalan untuk di akhirat nanti.

3. Tidur siang sejenak

Kalau rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, kamu bisa gunakan waktu sejenak untuk tidur. Namun, jangan tidur siang terlalu lama. kamu mungkin malah jadi semakin lemas karena jam biologis tubuh terganggu. Menurut seorang spesialis penyakit dalam dan pakar gangguan tidur dari Amerika Serikat, dr. Barry Krakow, pasang alarm selama 5-25 menit saja untuk tidur siang.

4. Ganti pemandangan

Maksudnya adalah apabila kamu seorang pekerja yang berhadapan dengan laptop atau computer, maka sebaiknya kamu lepaskan sejenak focus pandangan anda dihadapan PC kemudian cari jarak pandang jauh kamu, jika memungkinkan dengan pemandangan hijau atau jalan. Kondisi tersebut dapat merefleksikan mata kamu untuk jauh lebih rileks.

5. Bergerak atau jalan kaki

Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa berolah raga kecil atau berjalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi anda hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen. Selain itu, kamu juga dapat merenggangkan organ-oragan tubuh dengan mengepak-ngepakkan kaki dan tangan agar lebih relaks

6. Mengobrol

Selain itu sahabat, apabila kamu berkendara atau sedang berada di kantor kemudian kamu mengantuk, Sahabat dapat melakukan obrolan-obrolan bermanfaat dengan kawan. Sahabat dapat ajak kawan untuk saling mengkoreksi hafalan yang kamu telah lakukan, atau membicarakan tentang kisah para sahabat. Setidaknya dapat memberikan edukasi kepada rekan-rekan anda yang mungkin belum mengetahuinya. Mendapatkan pahalanya jugakan?

7. Tarik napas dalam dan beristighfar

Sahabat gomuslim, Allah SWT memerintahkan kita untuk terus beristighfar dan berzikir. Karena sesungguhnya, seluruh makhluk ciptaan-Nya akan terus berzikir. Sahabat dapat melakukan dengan cara Tarik nafas yang dalam kemudian keluarkan dari mulut serta beristighfar, Insya Allah rasa kantuk akan hilang. Selain itu, dalam ucapan anda, sisipkan doa untuk keluarga tercinta, insya Allah terkabulkan karena sesungguhnya salah satu doa yang di ijabah oleh Allah SWT adalah doa orang yang sedang berpuasa.

Sahabat gomuslim yang dicintai Allah Ta’ala, semoga tips diatas dapat memberikan manfaat bagi kita yang sedang berpuasa, dan menjadikan kegiatan kita menjadi suatu ibadah yang Allah Ridhoi, Aamiin yaa Robbal’alamiin. Wallahualam Bissawab.


(hmz/sumber:hellosehat/tentangislam/polahidupsehatislam/foto:ilustrasi)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top