#RamadhanGuide (5)

Unik, Ini Kegiatan di Bulan Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia

gomuslim.co.id – Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia. Tak terkecuali Indonesia, Ramadhan menjadi bulan dengan banyak sekali tradisi yang telah dilakukan sejak lama. Hal-hal tersebut mungkin saja dilakukan oleh umat di negeri lain. Namun, di Indonesia hal tersebut seolah sangat lekat dan identik dengan bulan Ramadhan.

Apa saja? Sahabat gomuslim mulai penasaran? Yuk simak.

1. Ngabuburit

Berasal dari bahasa Sunda yang artinya Sore/Senja. Ngabuburit diartikan sebagai nyore, dimaksudkan dengan menghabiskan waktu sore menunggu berbuka puasa. Ada banyak macam yang dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya ketika ngabuburit, nonton tv, belanja keperluan buka puasa, jalan-jalan sore, baca buku dan lain-lain.

2. Bangun Sahur Keliling

Pengingat waktu sahur tak cukup hanya melalui alarm saja. Di beberapa daerah di Indonesia, banyak sekali yang mengadakan tradisi bangun sahur berkeliling kompleks. Berbagai alat pukul hingga pengeras suara diperdengarkan. Tak peduli suara cempreng dan memekakkan telinga, ajakan bangun sahur terus diteriakkan hingga para penghuni rumah-rumah terbangun dan mempersiapkan diri untuk makan sahur.

 

 

3. Buka Puasa Bersama

Berbuka puasa, adalah saat yang dinanti oleh semua umat islam yang sedang melaksanakan ibadah berpuasa. Namun, di bulan Ramadhan moment buka puasa juga dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi.

Biasanya, di bulan Ramadhan ajakan buka puasa bersama mulai datang. Baik teman baru, teman lama, bahkan teman sekolah dan teman kerja mengadakan buka puasa bersama. Tak jarang, saat-saat buka puasa bersama lebih heboh dan seru dibandingkan berpuasa itu sendiri.

 

 

Tapi hal penting dari berpuasa bersama adalah untuk tak melewatkan shalat magrib ya sahabat gomuslim!

4. Tadarus di Masjid Pasca Tarawih

Semua amal ibadah di bulan Ramadhan, telah dijanjikan Allah akan berlipat ganda pahalanya. Bahkan, hadits shahih mengatakan bahwa tidurnya mukmin yang sedang berpuasa pun bernilai ibadah. Jadi tidur saja bernilai pahala apalagi ibadah seperti dzikir, shalat Sunnah dan tadarus.

Banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk mengkhatamkan 30 juz dalam satu bulan Ramadhan. Maka, intensitas membaca Alquran pun bertambah. Untuk menyiasati hal ini, banyak sekali yang ikut tadarus di Masjid pasca shalat tarawih.

Bahkan, ibu-ibu di sekitar masjid mensupport hal tersebut dengan ikut mengirimkan makanan untuk yang sedang tadarus di masjid. Tadarus di masjid menggunakan pengeras suara juga tak pernah menjadi masalah meskipun sampai malam.

5. Marathon

Untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan segar, orang yang sedang berpuasa pun tak lantas meninggalkan kegiatan olahraga. Seolah menjadi kebiasaan, setelah makan sahur dan shalat shubuh juga tadarus banyak sekali anak kecil hingga orang tua keluar rumah untuk menghirup udara segar dan berlari-lari kecil.

Nah, gimana sahabat gomuslim? Selain hal-hal yang disebutkan diatas tentunya masih banyak kegiatan lain yang seakan sudah menjadi tradisi di bulan Ramadhan kan? Apa saja ya? Silakan tulis di kolom komen yaa sahabat gomuslim. (nov/foto:idntimes/dbs)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top