#RamadhanGuide (6)

Begini Tips Ajari Anak Kuat Berpuasa

gomuslim.co.id - Keluarga menjadi pintu gerbang awal anak mendapat pelajaran berharga tentang kehidupan, termasuk mengajarkan anak puasa. Melakukan stimulasi anak sejak dini penting dilakukan oleh orangtua agar menjadi bekal anak tumbuh dengan karakter positif dalam hal agama.

Nah, bulan Ramadhan ini dapat menjadi momen yang tepat untuk melatih kesabaran dan akhlak si kecil sejak dini.Oleh karena itu, orangtua sebagai guru pertama anak dalam kehidupannya.

Sahabat gomuslim, terkadang kebanyakan orang melihat kasian apabila anak harus puasa. Tau ga sahabat, justru, setiap anak dikaruniai kemampuan jasmani maupun rohani yang berbeda. Oleh sebab itu, orang tua hendaklah mampu menyadari seberapa siapkah anak mereka untuk dilatih berpuasa.

Tidak menutup kemungkinan seorang anak berusia 3 tahun sudah mampu menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Sebaliknya, boleh jadi ada anak berusia 6 tahun yang hanya mampu berpuasa “beduk” (latihan berpuasa sampai waktu zuhur).

Sahabat, sudah Sepatutnya orang tua menanamkan kepada anak tentang rasa cinta terhadap ibadah kepada Allah. Anak yang tumbuh dengan asuhan demikian, insyaallah akan menyemai manisnya iman kala ia dewasa nanti. Bila orang tua memaksa anak untuk berpuasa di luar batas kemampuan si anak, ibadah yang sejatinya indah malah berubah jadi rasa susah. Berikut adalah tips bagaimana agar anak kuat dalam berpuasa.

1. Sahur dengan Makanan Bergizi

Banyak disebagian masyarakat berfikir bahwa anak akan sakit karena berpuasa dan kekurangan asupan makanan bergizi. Sahabat, justru yang seharusnya dilakukan adalah menyediakan menu sahur yang bergizi serta iftar yang bernutrisi. Jangan asal enak tapi tak sehat. Jangan pula asal kenyang tapi tidak ada kandungan gizi. Seimbangkan menu sahur dan buka puasanya.

Mungkin sahabat gomuslim dalam menyediakan seperti, nasi dan lauk pauk (sayur, ikan, tempe, tahu, ayam, atau daging), susu, kurma, madu serta pilihan makanan dan minuman sehat-bernutrisi lainnya.

2. Latih Puasa Anak Secara Bertahap

Berpuasa memerlukan kesiapan fisik dan mental. Jika ingin melatih anak kecil berpuasa, lakukan secara bertahap:

  1. Jika orang tua berpuasa senin dan kamis, anak bisa diajak serta.
  2. Uji coba dengan puasa ”beduk”. Jika anak masih kuat, lanjutkan puasanya hingga penuh sehari.
  3. Lebih kerap memberi kalimat motivasi, ”Enak ya puasa.” ”Allah sayang orang Islam yang rajin puasa.” ”Kita puasa supaya dapat banyak pahala. Kalau pahala tambah banyak, insyaAllah kita bisa masuk surga. Di surga itu enak, banyak teman yang baik-baik.
  4. Sajikan hidangan kegemaran anak sebagai menu berbuka untuknya. Ketika menyiapkan hidangan tersebut, sampaikan kepadanya, ”Insyaallah kita makan ini kalau berbuka puasa nanti.
  5. Ketika berbuka, motivasi anak dengan nikmatnya berbuka setelah berjuang berpuasa sehari penuh, ”Alhamdulillah, enak ya kita bisa buka puasa. Masyaallah, anak Ummi hebat! Kapan-kapan insyaallah kita puasa lagi ya.”

3. Berikan Reward atau Penghargaan Saat Anak Lulus Jalani Puasa

Sahabat, cobalah untuk menjelaskan pengertian puasa pada anak dengan sabar dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Kemudian, Tiba saatnya Anda tunjukkan kebahagiaan Anda atas keberhasilannya berpuasa. Bentuknya bisa berupa ucapan, “Alhamdulillah. Hari ini anak Ummi dan Abi bisa berpuasa sehari penuh. Ummi dan Abi bahagia.” Bisa pula berupa hadiah yang dibungkus manis dengan kertas kado. Boleh juga bila hadiah itu berbentuk rekreasi ke taman bermain, atau ke kebun binatang.

Sahabat gomuslim, pelatihan berpuasa kepada anak bertujuan untuk melatih anak untuk taat kepada perintah Allah Ta’ala, melatih anak untuk bisa jadi orang yang bersabar, melatih anak untuk dapat melihat dan merasakan saudara-saudara seiman yang kurang beruntung dari segi perekonomian. Semoga Allah memberikan kita kemudahan untuk melatih anak menjadi orang yang Sholeh ataupun Sholehah, Aamiin yaa Robbal’alamin. Wallahualam Bissawab.(hmz/muslim/hidupsehat/edukasianaksholeh/sehatalarasul/halodoc)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top