#RamadhanGuide (8)

Hijabers, Ini Tips Rawat Kulit Sehat selama Puasa

gomuslim.co.id - Sahabat gomuslim, dalam berpuasa kita mengalami kekurangan cairan. Karena itu, kulit pun rentan kering. Sejumlah pakar bicara mengenai pentingnya memerhatikan kulit di tengah masalah kulit kering dan jerawat yang biasa terjadi di Bulan Ramadhan. Khususnya untuk hijabers nih, ada lima tips merawat kulit agar tetap sehat selama puasa di Bulan Ramadhan:

 

1.      Minum 8 Gelas Air Sepanjang Hari

Air tidak hanya akan membuat kita tidak dehidrasi, menjaga cairan dalam tubuh dan akan melembabkan kulit, namun juga membantu untuk merasa kenyang lebih lama. Jadi, hindari soda dan jus. Cukup konsumsi air 8 gelas saat berbuka dan sahur.

2.      Makanan Kaya Serat

Serat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran untuk kacang-kacangan dan ikan, minyak esensial dapat berperan sebagai penyembuh kulit jadi pastikan kita mengkonsumsi makanan kaya serat.

Jangan hanya sop buah atau gorengan-gorengan yang kita masukkan ke dalam menu berbuka puasa atau sahur. Pastikan Anda banyak mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.

Sahabat gomuslim, perbanyak juga buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit kita, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh. Kita bisa memilih semangka, stroberi, atau tomat.

3. Menjaga Kebersihan Kulit

Hijabers, selama puasa Ramadhan jangan malas membersihkan wajah adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit karena dapat menghilangkan kotoran dan bakteri, serta menjaga kesehatan kulit.

Gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol, sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.

 

Baca juga:

Ini Tips Sehat Berolahraga Meski Berpuasa

 

4. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering, anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit.

Sementara, untuk kamu yang memiliki  kulit normal, kamu dapat menggunakan pelembap dengan kandungan cylomethicone. Dan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap kulit dengan berbahan dasar air.

Untuk tabir surya, gunakanlah krim pelindung yang bertuliskan broad-spectrum. Tabir surya seperti ini biasanya memberikan pelindungan kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 15.

5. Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat kita akan berkurang saat bulan puasa, karena Anda harus terbangun untuk sahur dan tidak semua dari Anda bisa beristirahat lagi. Usahakan jangan tidur terlalu larut malam. Tidak cukup tidur akan membuat kulit Anda tampak lelah dan lebih tua terutama di sekitar mata.

Sahabat gomuslim jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin untuk mengurangi stres dan menjadikan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancar akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Tidur yang cukup akan menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersinar. Istirahat cukup sangat membantu kulit tetap cantik saat puasa. (fau/hellosehat/lifestyle/dbd/foto: femaledaily/starberita/ist)

 

Baca juga:

Agar Fit selama Puasa, Ini 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur

 

 


Back to Top