#RamadhanGuide (9)

Ini Tips Anti Ngantuk Saat Shalat Tarawih

gomuslim.co.id - Bulan Ramadhan menjadi satu bulan yang spesial setiap satu tahun sekali bagi umat Muslim. Ada banyak ibadah yang dapat dilakukan dengan ganjaran pahala berlipat ganda. Salah satu ibadah sunah yang hanya ada di bulan Ramadan adalah shalat tarawih.

Namun, yang sering menjadi kendala adalah rasa kantuk yang sering dilanda saat shalat tarawih setelah buka puasa. Berikut tips anti ngantuk saat tarawih yang sudah dirangkum gomuslim:

1.      Tanamkan Niat yang Kuat

Segala sesuatu berawal dari niat yang kuat. Dengan mantapkan hati dan menguatkan niat untuk menjalankan sholat tarawih untuk beribadah mendapatkan pahala dan karena Allah SWT. Dengan mengetahui keistimewaan melakukan ibadah ini setiap malamnya akan menjadi semangat tersendiri untuk menabung banyak pahala selama bulan Ramadan.

2.      Hindari Makan terlalu ‘Kenyang’ dan Menu Berat Saat Berbuka

Buka puasa sering kali membuat diri menjadi kalap/lapar mata menyantap menu makanan. Hal ini yang menjad bumerang saat akan menunaikan shalat tarawih. Sahabat gomuslim disarankan untuk mengkonsumsi takjil ringan saat berbuka puasa. Selain bisa membuat lambung ‘kaget’, makan langsung banyak saat buka puasa bisa membuat ibadah tarawih menjadi tidak khusyuk karena kekenyangan dan mengantuk.

Ketika makan berlebihan, dan makanan berat, tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna semua makanan yang masuk ke perut. Ini yang membuat tubuh mudah merasa lelah dan mengantuk.

3.      Tidur Siang

Untuk mendapatkan energi tambahan saat malam, Sahabat gomuslim usahakan untuk menyempatkan tidur siang. Hal ini akan membuat tubuh kuat dan terhindar dari rasa kantuk saat shalat tarawih.

4.      Berpakaian yang Nyaman

Dalam kondisi apapun, pakaian menjadi perhatian utama untuk membuah tubuh nyaman dan membangun rasa percaya diri. Untuk laki-laki gunakan pakaian yang nyaman, dan tetap sopan. Disarakan untuk mengenakan busana baju koko bahan katun atau jika menggunakan tshirt usahakan yang tidak bermotif dan berwarna nyentrik. Sedangkan untuk perempuan, usahakan untuk mengenakan pakaian dari katun karena akan mudah menyerap keringat, tidak banyak rumbai, atau pita yang dapat menganggu gerakan shalat. Jika rumah Sahabat gomuslim dekat dengan masjid, disarankan untuk langsung menggenakan mukena sehingga dapat menggunakan pakaian yang senyaman mungkin, hal ini akan memuat rasa khusyu bertambah.

5.      Pilih Mukena yang Berbahan Nyaman

Tak hanya pakaian, mukena juga menjadi perhatian saat shalat tarawih. Pilih mukena yang berbahan katun, atau rayon yang jika dikenakan akan menimbulkan sensasi dingin pada kulit. Hindari mukena berbahan satin atau parasut karena jika terkena kipas angin atau angin yang kencang akan mengibas dan menganggu konsentrasi saat shalat tarawih.

6.      Hilangkan Kantuk Saat Sujud

Rasa kantuk akan menyerang semakin kuat saat sujud. Hal ini menganggu konsentrasi dan kekhusuan dalam shalat. Salah satu solusi yang dapat dihindarkan adalah tahan napas saat sujud. Cara ini akan menghindarkan dari rasa kantuk yang menyerang secara tiba-tiba saat sujud.

7.      Bawa Spray Air

Jika Sahabat gomuslim termasuk orang yang mudah mengantuk. Membawa spray air menjadi solusi yang jitu untuk menghindari rasa kantuk ketika menyerang di rakaat pertengahan tarawih. Sahabat gomuslim dapat menyemprotkan air ke wajah agar kembali segar melanjutkan rakaat hingga selesai. (nat/fimela/hipwee/dbs/foto: ist)

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top