#RamadhanGuide (10)

Masya Allah, Ini 7 Hikmah Memberi Makanan Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

gomuslim.co.idSahabat gomuslim, kita semua tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh keberkahan. Bulan dimana setiap amal kebaikan manusia dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Pada bulan suci ini, umat Islam dianjurkan berlomba-lomba dalam kebaikan dan kebajikan. Misalnya dengan merutinkan membaca Alquran, menolong sesama, dan memperbanyak sedekah. Salah satu yang paling sederhana adalah memberi makan kepada orang yang hendak berbuka puasa.

Amalan ini pun disebut sering dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa riwayat. Lalu, apa sebenarnya hikmah dan keutamaan dari memberi makan berbuka untuk orang yang berpuasa ini? berikut gomuslim merangkumnya: 

1. Dapat Pahala Seperti Orang Berpuasa

Memberi makan atau minum untuk orang yang bebuka puasa ternyata sangat istimewa. Si pemberi akan mendapat pahala sama seperti orang yang berpuasa. Jika si pemberi juga berpuasa, maka pahala yang ia dapatkan berlipat. Hal ini sebagaimana dalam hadits dari Zaid bin Khalid Al-Juhani RA. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Nah, bagi sahabat gomuslim yang berhalangan puasa tapi ingin mendapat ganjaran dari Allah SWT, bisa juga beramal memberi sedekah makan kepada yang berpuasa. Apalagi bulan Ramadhan ini sering kita kenal dengan bulan berbagi.

2. Mendapat Doa dari Yang Diberi

Memberi artinya membahagiakan orang yang diberi. Jika orang berpuasa yang diberi makan berbuka adalah orang shaleh, maka dia akan mendoakan yang memberi makanan berbuka. Jangan salah, doa orang ini bisa saja diijabah oleh Allah SWT.  

Dalam sebuah hadits, Nabi SAW bersabda: “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak yaitu, pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan do’a orang yang terdzolimi.” (H.R. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396).

Kemudian Rasulullah mencontohkan doa bagi orang berpuasa yang diberi makanan. “Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku,” (H.R. Muslim no. 2055).

3. Mendapat Keberkahan

Berkah artinya mendapat penambahan kebaikan. Setiap muslim selalu berdoa agar hidupnya berkah. Nah, memberi makan untuk orang yang berbuka puasa ini adalah sedekah. Dengan bersedekah seseorang tidak akan menjadi miskin. Justru sedekah mendatangkan pintu rejeki lain dari harta yang disedekahkan. Sebagaimana terdapat dalam hadits,

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588).

 

Baca juga:

Ini Tips Anti Ngantuk Saat Shalat Tarawih

 

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 16: 128 menjelaskan, harta yang disedekahkan akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya. Ini bisa dirasakan secara inderawi dan kebiasaan.

Kemudian, walaupun secara fisik harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak.

Selain itu, Allah juga menjanjikan balasan berkali-kali lipat bagi hambaNya yang ikhlas menyedekahkan hartanya. Termasuk dengan memberi makan buka bagi mereka yang berpuasa.

4. Jalan Menuju Surga

Setiap amal perbuatan manusia akan mendapat balasan dari Allah SWT. Balasan terbaik bagi orang yang berpuasa dan memberi makan kepada orang yang hendak berpuasa adalah surga.  Dalam sebuah hadits, Ali Bin Abi Thalib RA berkata: Nabi SAW bersabda:

Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sahabat Abu Bakr Ash-Shiddiq RA dikenal sebagai sosok yang dermawan dan penuh dengan amal kebaikan. Beliau terbiasa mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah SAW, termasuk memberi makan kepada orang yang mau berbuka puasa.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bertanya (kepada para sahabat), “Siapakah di antara kalian yang pada hari ini berpuasa?” Abu Bakar berkata, “Saya.” Beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang hari ini sudah mengiringi jenazah?” Maka Abu Bakar berkata, “Saya.”

Beliau kembali bertanya, “Siapakah di antara kalian yang hari ini memberi makan orang miskin?” Maka Abu Bakar mengatakan, “Saya.” Lalu beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang hari ini sudah mengunjungi orang sakit.” Abu Bakar kembali mengatakan, “Saya.”

Maka Rasulullah SAW pun bersabda, “Tidaklah ciri-ciri itu terkumpul pada diri seseorang melainkan dia pasti akan masuk surga.” (HR. Muslim, no. 1028).

5. Menghapus Dosa dan Menyelamatkan Naungan di Hari Kiamat

Keutamaan memberi makan orang berpuasa juga dapat menjadi bekal di akhirat. Seseorang yang beramal ini, kelak akan mendapat naungan dan dihapus dosanya.

Dalam hadits dari ‘Uqbah bin ‘Amir RA, Nabi SAW bersabda, “Setiap orang akan berada di naungan amalan sedekahnya hingga ia mendapatkan keputusan di tengah-tengah manusia.” (HR. Ahmad, 4: 147. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, no. 2616; Ibnu Majah, no. 3973.  Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

6. Mendapat Kebahagiaan dan Ridha Allah

Bersedekah artinya berbagi. Tidak hanya orang yang diberi yang akan mendapat kebahagiaan, tetapi juga mereka yang memberi atau bersedekah. Jika sahabat gomuslim ingin merasakan kebahagiaan seperti ini, bisa mencoba untuk berbagi makanan atau minuman untuk orang-orang yang hendak berbuka puasa. Nikmat dan bahagia tersendiri akan dirasakan.

Ibnu Rajab Al-Hambali dalam Lathaif Al-Ma’arif, halaman 298 mengatakan bahwa puasa, shalat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, ‘Shalat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja’.

7. Memanjangkan Umur

Sahabat gomuslim tentu ingin dipanjangkan umurnya. Ternyata dengan memberi makan orang berpuasa juga dapat memanjangkan umur lho. Dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Amr bin Auf, Rasulullah SAW bersabda,

Sesungguhnya sedekah seorang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.”(HR. Thabrani).

Itulah tujuh hikmah dan keutamaan memberi makan untuk orang yang berbuka puasa. Semoga bermanfaat dan kita semua (umat Islam) dapat mengamalkannya. Aamiin.

 

Wallahu’alam Bishawab

Sumber:

Rumahsyo, Dalam Islam, Abi Ummi.

 

 

Baca juga:

Hijabers, Ini Tips Rawat Kulit Sehat selama Puasa


Back to Top