#RamadhanGuide (12)

Bulan Ramadhan Ingin Tetap Diet? Ini Tipsnya!

gomuslim.co.id – Bagi sahabat gomuslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadhan sebaiknya tidak menjadi alasan untuk tak lagi menjaga pola makan. Terlebih bagi sebagian orang yang sedang melakukan diet. Puasa justru bisa menjadi kesempatan Anda untuk menurunkan berat badan alias diet. Diet saat puasa adalah waktu yang tepat, karena makan yang hanya dibatasi sebanyak dua kali per hari (yaitu waktu buka puasa dan sahur) dapat membantu Anda mengontrol asupan makanan.

Namun, ingat jangan makan berlebihan saat buka puasa dan sahur. Hal ini justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berikut tips agar pola makan tetap terjaga;

1. Hindari Makanan Mengandung Gula Berlebih

Saat berpuasa, tubuh kita kehilangan banyak energi dan memakan makanan yang manis otomatis akan menguatkan tubuh orang yang sedang berpuasa. Namun, perlu kiranya untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan maupun minuman manis secara berlebihan.

 

 

 

Walaupun gula adalah sumber energi, perlu diingat bahwa gula juga salah satu bahan makanan yang membuat gemuk. Maka, sebagai alternatifnya sahabat gomuslim dapat memilih kurma, sesuai dengan anjuran Rasullullah untuk dimakan saat berbuka puasa.

 

 2. Katakan Tidak Untuk Gorengan

Bakwan, Tahu, Tempe, Risoles dan sebagainya memang sangat menggoda untuk dikonsumsi terlebih saat buka puasa. Namun, perlu diketahui mengonsumsi gorengan saat bulan puasa tidak disarankan untuk Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

 

 

Pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak, terlebih lagi jenis lemak yang dikandung adalah lemak jenuh. Selain bisa membuat tubuh Anda bertambah gemuk, lemak jenuh memicu kolesterol jahat (LDL) memenuhi tubuh.

 

 3. Kurangi Karbohidrat Saat Puasa

Bagi sahabat gomuslim yang sedang diet tak ada salahnya untuk mengurangi asupan karbohidrat. Pola makan rendah karbohidrat dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh, dan membantu membakar simpanan lemak tubuh. Makan makanan rendah karbohidrat dan gula juga dapat mengurangi nafsu makan, sehingga mencegah Anda makan berlebihan. Oleh karena itu, memilih menu buka puasa dan sahur yang  rendah gula dan rendah karbohidrat bisa menjadi cara efektif menurunkan berat badan.

Untuk diketahui, orang dewasa yang sehat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300-400 gram per hari. Selama diet saat puasa,  asupan karbohidrat dapat dikurangi hingga setengahnya menjadi sekitar 150-200 gram. Yang perlu diingat, kebutuhan karbohidrat setiap orang mungkin berbeda, tergantung dari usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan, tingkat aktivitas, juga kebutuhan kalori hariannya.

 

 

Dilansir dalam laman Medical News Today, meski sedang puasa dan diiringi dengan diet, Anda harus tetap memenuhi 40% dari kebutuhan karbohidrat total tubuh. Kemudian, sebagian besar jumlah karbohidrat yang dikurangi sebaiknya diganti dengan asupan protein yang berasal dari daging, ikan, telur, serta kacang-kacangan.

 

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein dan Serat

Sebagai pengganti makanan manis, gorengan, karbohidrat seperti yang dipaparkan diatas, sahabat gomuslim dapat mengganti asupan makanan dengan memakan makanan yang mengandung protein dan serat.

 

5. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan lupakan juga pentingnya air putih saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Perbanyak minum air putih saat buka dan sahur demi menjaga cairan tubuh ketika berpuasa esok harinya.

 

 

Untuk diketahui, air putih jauh lebih sehat ketimbang jenis minuman lainnya, terutama yang mengandung banyak gula.

 

6. Makan Perlahan

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan makan perlahan, sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk mengunyah sebanyak 32 kali. Hal itu juga dapat diterapkan saat sedang diet karena dapat melancarkan pencernaan.

 

7. Olahraga

Ramadhan bukan alasan untuk tidak berolahraga. Sahabat gomuslim, dapat berolahraga ringan dengan lari kecil setelah shalat shubuh.

(nov/gomuslim/doktersehat/academiaedu)

 


Back to Top