#RamadhanGuide (13)

Anti Wacana Forever, Ini Tips Agar Sukses Gelar Acara Buka Puasa Bersama

gomuslim.co.id – Buka Bersama adalah satu dari sekian banyak hal yang identik dengan Ramadhan. Tak jarang, buka bersama akhirnya menjadi ajang reuni antar teman kecil, mulai dari teman TK, teman SD, teman SMP dan seterusnya.

Namun, sering pula rencana buka bersama tinggallah rencana. Hanya sebatas obrolan via grup whatsapp  yang tak terealisasi dengan alasan kesibukan meski awalnya mengiyakan. Berikut tips supaya buka bersama tak hanya wacana, agar segera terlaksana sebelum mendekati sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

1. Luruskan Niat

Pertama kita harus memastikan niat awal kita mengadakan buka bersama dengan sahabat tercinta yakni untuk mempererat silaturahmi sehingga menambah ketaqwaan kepada Allah. Karena bukankah sebaik-baik aktivitas adalah yang membuat kita dekat dengan Allah. Jadi, kalau buka bersama justru membuat lalai, telat shalat magrib, tidak tarawih bisa jadi sejak mula niat kita yang salah sehingga Allah tidak Ridha.

Jadi ingat ya, buka bersama dilaksanakan adalah dalam upaya menjaga silaturahmi sebagaimana Allah perintahkan dalam Q.S An-Nisaa:1. Ayo dibuka Alqurannya.

2. Hidupkan Suasana Demokrasi

Untuk sahabat gomuslim mengerti, dalam sebuah grup kawan lama, tentunya tak semua orang mau mengeluarkan pendapatnya tentang kapan dan di mana buka bersama dilaksanakan. Nah, tak ada salahnya untuk meminta semua bersuara menyampaikan pendapatnya.

3. Pilih Tempat Makan yang Friendly

Pemilihan tempat makan ini perlu banget diperhatikan lho, sahabat gomuslim. Jangan sampai kita salah pilih sehingga membuat teman kita justru nggak nyaman dan memilih untuk menghindar dari acara buka bersama.

Sebaiknya pilih tempat makan yang selain makanannya enak, pas di kantong, instagrammable juga punya mushola yang luas dan nyaman. Dengan tempat wudhu terpisah serta toilet yang bersih, hal itu pun perlu diinformasikan ke teman-teman ya.

 

 

 

Oh ya bonus tips untuk perempuan, jangan lupa bawa mukena cadangan karena khawatir antri karena ramai jamaah shalat maghrib.

4. Bikin Acara Seru dan Fresh

Rancanglah acara yang seru seperti kajian, game, sharing, belajar dan lainnya, sehingga acara tidak membosankan. Acara yang dirancang dan dipersiapkan diharapkan bisa menjadi magnet agar teman-teman mau datang.

 

 

Itulah empat tips bagi sahabat gomuslim yang ingin mengadakan buka bersama sebagai ajang silaturahmi agar tak hanya jadi wacana forever. Semoga bermanfaat! (nov/gomuslim)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top