#RamadhanGuide (14)

Tujuh Peristiwa Besar Ini Terjadi di Bulan Suci Ramadhan

gomuslim.co.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan paling mulia dan istimewa bagi umat Islam seluruh dunia. Pada bulan ini, umat bersama-sama menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tidak hanya itu, banyak peristiwa besar yang menjadi sejarah terjadi pada bulan suci ini.

Sahabat gomuslim, tau gak apa saja peristiwa besar, penting dan bersejarah pada bulan Ramadhan? Berikut rangkumannya: 

1.Turunnya Alquran Pertama Kali

Keistimewaan bulan Ramadhan yang pertama adalah karena bulan ini, Alquran pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Dalam beberapa riwayat, peristiwa ini terjadi di Gua Hira, Makkah.

Terdapat sejumlah perbedaan mengenai tanggal turunnya Alquran. Namun mayoritas ulama berpendapat pada tanggal 17 Ramadhan, atau 13 tahun sebelum peristiwa Hijrahnya Nabi. Makanya, di Indonesia pada malam ini selalu diadakan peringatan Nuzulul Quran untuk memperingati peristiwa turunnya Alquran.

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)…” [Al Baqarah/2: 185]

Sebelum wahyu pertama turun, Nabi sangat sering berkhalwat di gua Hira, menjauh dari manusia dan beribadah khusyu’ di sana selama beberapa hari. Terkadang 10 hari, terkadang lebih sampai satu bulan. Ritual ibadah Nabi di gua Hira mengikuti cara-cara yang dilakukan Nabi Ibrahim AS. Surat pertama yang diturunkan yakni Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Setelah itu, Alquran turun berangsur-angsur selama kurang lebih 23 tahun. Sebagian meriwayatkan Alquran turun selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Selama itu, Alquran difirmankan Allah kepada Muhammad sebanyak 30 juz atau 114 surat atau sekitar 6236 ayat.

2. Turunnya Kitab Suci Sebelum Alquran

Selain Alquran, kitab-kitab suci lainnya sebelum Alquran juga diturunkan pada bulan Ramadhan. Kitab suci tersebut diantaranta Taurat, Zabur, dan Injil. Hal ini merupakan bukti keberkahan dari Allah dalam bulan Ramadhan, bulan turunnya ayat-ayat qauliyah petunjuk jalan bagi orang-orang yang mau mensucikan Ramadhan.

 “Suhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan, Taurat diturunkan pada enam Ramadhan, Injil diturunkan pada tiga belas Ramadhan, dan Allah menurunkan Al-Quran pada dua puluh empat Ramadhan.” [HR. Ahmad].

Telah diriwayatkan pula hadis dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu. Di dalamnya disebutkan, “Bahwasannya Zabur diturunkan pada dua belas Ramadhan dan Injil pada sepuluh Ramadhan.”

3. Peristiwa Perang Badar

Peristiwa besar kedua yang terjadi pada bulan Ramadhan adalah perang Badar. Peristiwa yang biasa disebut Ghazwah Badr al-Kubra ini adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya yang terjadi pada 17 Ramadhan 2 H (13 Maret 624 M).

Pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang. Perbedaan jumlah pasukan yang mencolok tersebut tidak lantas mengecilkan nyali tentara Muslim. Pasukan Muslim menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.

Allah SWT memberikan kemenangan kepada pasukan Muslim yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW. Pasukan muslim menghancurkan pertahanan pasukan Quraisy. Periwtiwa ini sekaligus menjadi kemenangan besar umat muslim yang terjadi di Bulan Ramadhan.

Dari pasukan Muslim, gugur 14 orang syahid. Dari pasukan kafir, yang terbunuh dan tertawan masing-masing 70 orang. Di antara yang terbunuh adalah Abu Jahal. Selepas perang, Nabi memerintahkan untuk mengebumikan Muslim yang gugur, demikian pula memakamkan kafir yang terbunuh.

4. Fathu Makkah

Peritiwa ini dikenal dengan istilah Fathu Makkah atau penaklukan kota Makkah. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena terjadi pada tanggl 8 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah atau sekitar tahun 630 M.

 

Baca juga:

Bulan Ramadhan Ingin Tetap Diet? Ini Tipsnya!

 

Saat itu Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah. Kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Kakbah. Pada hari itu, orang-orang Quraish Makkah memeluk Islam secara berbondong-bondong.

Dalam Alquran Surah An-Nasr, Allah SWT berfirman:

Apabila Pertolongan Allah dan Kemenangan telah tiba, dan kamu saksikan umat manusia berbondong-bondong menganut agama Allah, maka semarakkanlah puji-pujian untuk Tuhanmu dan mohonlah pengampunanNya, sungguh Dialah Yang Maha Mengasihani. (QS. An-Nasr ayat 1-3)

5. Lailatul Qadar

Peristiwa besar selanjutnya yang terjadi di bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadr. Alquran menggambarkannya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Peristiwa ini juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Keistimewaan malam ini diabadikan dalam Alquran Surah Al-Qadr, surat ke-97.

Sesungguhnya Kami telah mengirim hal demikian di Malam Kemuliaan, dan tahukah kamu apakah Malam Kemuliaan itu? Malam Kemuliaan adalah lebih baik dibanding seribu bulan; ketika para malaikat beserta Al Ruh hadir atas izin Tuhan mereka untuk tugas masing-masing, kesejahteraan didalamnya sampai terbit fajar. (QS. Al-Qadr ayat 1-5)

Betapa banyak barokah dan kebaikan di bulan Ramadhan. Maka beruntunglah siapa yang mengetahui keistimewaan Ramadhan dan memanfaatkan malam dan siangnya untuk mendekatkan diri kepada Rabb, Allah SWT, Tuhan semesta Alam.

6. Pembebasan Andalusia (Spanyol)

Andalus adalah nama Arab yang diberikan kepada wilayah-wilayah bagian semenanjung iberia yang diperintah oleh orang islam selama beberapa waktu mulai tahun 711 sampai 1492 Masehi. Pada 28 ramadhan tahun ke-92 hijrah, panglima Islam bernama Tariq bin Ziyad dikirim pemerintahan Bani Umayyah untuk menawan andalus. Tariq memimpin armada islam menyeberangi laut yang memisahkan Afrika dan Eropa.

Setelah pasukan Islam mendarat, Tariq membakar kapal-kapal tentara Islam agar mereka tidak berpikir untuk mundur. Akhirnya Andalus ditawan dan menyelamatkan rakyatnya yang dizalimi. Islam bertapak di andalus selama delapan abad dan merusak peradaban yang tinggi nilainya kepada dunia barat.

7. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Satu peristiwa besar bagi bangsa Indonesia ternyata terjadi di bulan Ramadhan. Sahabat gomuslim, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 ini juga bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan 1364 Hijriyah.

Kemudian pada tanggal 17 Agustus 2012 lalu, peringatan kemerdekaan RI juga jatuh pada Jum’at 28 Ramadhan 1433 H.

Bung Karno, Sang Proklamator mengatakan bahwa sejak dari Saigon, dirinya sudah merencanakan proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 karena diyakini 17 merupakan angka keramat. Alquran diturunkan pada 17 Ramadhan. Shalat Seharinya terdiri dari 17 Rakaat, dan dipilihnya hari yang mulia, yaitu hari Jumat.

Demikian, tujuh peristiwa penting yang terjadi pada bulan suci Ramadhan. Semoga menjadi pengingat bagi kita untuk tidak melupakan sejarah. (dbs)

Wallahu’alam Bishawab

 

Baca juga:

Lima Amalan Ramadhan yang Diridhoi Allah Subhanallah wa Ta'ala

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top