#RamadhanGuide (15)

Jadi Amunisi Tubuh, Ini 8 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, biasanya kamu makan apa nih untuk menu sahur? Series #RamadhanGuide kali ini akan membahas tentang menu makanan yang seharusnya atau dianjurkan kita makan untuk menu sahur kita. Menu-menu ini dijamin sehat dan halal, agar kita makin kuat puasa seharian penuh selama bulan Ramadhan.

Berikut 8 makanan yang wajib kita konsumsi saat sahur:

1. Oatmeal

Oatmeal termasuk jenis gandum utuh yang punya banyak manfaat, salah satunya bisa membuat kita kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleksnya perlu dipecah dulu dan gak langsung diserap tubuh. Inilah yang membuat oatmeal bertahan lebih lama dalam perut. Selain itu, oatmeal juga kaya serat yang baik untuk kualitas pencernaan. Untuk gizi yang lebih optimal, kamu bisa menyantap oatmeal dengan buah, susu, hingga biji-bijian seperti almond.

2. Telur

Pada dasarnya, makanan tinggi protein bisa menekan rasa lapar dalam waktu lebih panjang. Salah satu sumber protein baik yang paling mudah kita temukan adalah telur.

Sebuah studi terbaru dari Biomedical Research Center di Baton Rouge, Los Angeles, Amerika Serikat, mengemukakan mereka yang sarapan telur punya hormon nafsu makan (ghrelin) yang rendah. Selain itu, tingkat PPY (hormon membuat kenyang) juga lebih tinggi.

3. Sup ayam

Sejumlah studi menunjukkan kalau mengonsumsi sup hangat bisa membantu menekan nafsu makan. Tapi yang dimaksud bukan cream soup ya, melainkan sup sayur dan ayam dengan kaldu bening buatan rumah.  Alasannya, karena dalam satu mangkuk sup terdapat gizi yang cukup lengkap. Mulai dari karbohidrat dari kentang, serat dan vitamin dari sayuran, serta protein dari ayam. Ditambah lagi kalau makannya dalam keadaan hangat, perut tidak akan kaget dan kamu bisa merasa nyaman selama sahur.

4. Sayuran hijau

Makanan dengan serat tinggi mampu memberikan massa terhadap makanan. Hal ini juga mempengaruhi intensitas mengunyah dan memberikan kesan "berat" seolah-olah kamu sudah makan banyak. Selain itu, sayuran hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan.

5.  Protein dalam bentuk ayam, daging, ikan

Protein tidak kalah penting untuk tubuh. Karena khasiatnya sebagai zat yang dapat mengatur proses metabolisme nantinya menjadi energi. Namun terlalu banyak protein juga tidak dapat untuk dikonsumsi ketika sahur. Karena sedikitnya kadar air menyebabkan mulut berbau tidak sedap sepanjang hari. Maka dari itu, perlu memperhatikan jumlah protein yang masuk ketika berpuasa.

6. Lemak sehat

Seringkali kita melupakan dan melewatkan sahur. Sehingga kamu kekurangan energi sepanjang hari. Efeknya, kamu menjadi lemas, mengantuk, dan ujung-ujungnya aktivitasmu  tidak berjalan secara baik. Selain itu, kamu perlu memperhatikan pola makan ketika sahur berlangsung.

Setelah sahur, disarankan supaya tidak langsung tidur agar makanannya dapat dicerna oleh tubuh. Untuk menjaga pola makan sehat selama sahur, berikut ini adalah makanan-makanan yang harus ada saat sahur:

7. Kurma

Selain dianjurkan untuk dimakan selama buka puasa, ternyata kurma juga harus dikonsumsi selama sahur. Seperti yang dikutip dalam CNN, kurma mengandung tiga jenis gula seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat menjaga kestabilan gula dalam darah. Tidak hanya kandungan gula yang luar biasa dalam kurma. Namun juga kaya akan serat. Sehingga tidak mudah merasa lapar selama berpuasa.

8. Nasi Merah

Tidak makan nasi biasa untuk sahur agar dapat menjaga nutrisi badan selama 14 jam berpuasa. Karena nasi merah ini merupakan karbohidrat yang lambat untuk dicerna. Hal ini bisa membuat rasa kenyang selama seharian. Namun, karena sedikitnya beras merah di Indonesia, maka boleh mencampur nasi putih dan merah untuk mengoptimalkan energi selama berpuasa.

Sebuah studi perbandingan yang dilakukan dalam hal ini mengungkapkan bahwa beras merah kaya asam fitat, serat, dan polifenol penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

Asosiasi diabetes di Amerika juga merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral penting dalam makanan mereka. Terbukti jika memang ada manfaat beras merah bagi kesehatan yang terkait dengan pengontrolan diabetes agar kondisi tubuh pasien penderita diabetes tidak semakin memburuk. (hellosehat/doktersehat/dbs/foto: healthyfood/torotonstar/dbs)

Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan. (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top