#RamadhanGuide (16)

Ini Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Buka Puasa

gomuslim.co.id- Bulan Ramadhan menjadi momen untuk merehatkan kerja organ tubuh. Hal ini terlihat dari pola makan yang tidak biasanya dibanding sehari-hari. Berpuasa di siang membuat tubuh istirahat dan membersihkan sistem pencernaan.

Namun nyatanya, saat buka puasa asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak terkontrol. Mulai dari gula berlebih karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis (es campur, syrup, takjil manis) hingga makanan yang berlemak (gorengan, makanan bersantan). Karena pola hidup sehat harus diimbangi meski sedang menjalani ibadah puasa.

Berikut 5 makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa yang telah dirangkum gomuslim :

1.      Kurma

“Apabila salah seorang diantara kamu ingin berbuka puasa, maka hendaklah memulainya dengan kurma, karena ia memiliki keberkahan, jika tidak ada kurma, maka mulailah dengan air minum, karena ia menyucikan.” (H.R Abu Daud dan Tirmidzi)

Kurma memiliki kandungan gula yang penyerapannya oleh tubuh lebih cepat daripada nasi. Penyerapan unsur gula yang dikandung nasi di dalam tubuh sekitar 5 jam, sedangkan untuk kandungan gula Kurma sekitar 45-60 menit (sekitar 1 jam). Itu sebabnya kurma merupakan makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa karena dapat menyuplai asupan energi secara cepat.


2.  Es Timun

Saat berpuasa biasanya tubuh mengalami kondisi kurang asupan serat dan terkadang membuat pencernaan kurang lancar. Dengan mengkonsumsi timun saat buka puasa perut akan menjadi dingin dan pencernaan lancar. Salah satu cara mengkonsumsi timun yang segar adalah dengan membuatnya menjadi es timun ditambah biji selasih. Cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

 

3. Sayur Bayam

Mengkonsumsi sayur bayam saat buka puasa sangat baik bagi tubuh. Sayur bayam mengandung vitamin B dan serat yang dapat mencukupi asupan tubuh saat berpuasa. Sayur bayam ditambah wortel dan jagung akan membantu pencernaan lebih lancar. Namun baiknya, agar tetap memperhatikan jangka waktu konsumsi sayur bayam agar tidak terlalu lama.


4.      Kacang-Kacangan

Bubur kacang hijau atau ketan hitam sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Selain memiliki manfaat serat dari kacang-kacangan yang baik untuk tubuh, tambahan gula merah dari bubur kacang hijau juga baik untuk mencukupi asupan gula dalam tubuh.

Namun tak hanya bubur kacang hijau atau ketan hitam, masih banyak jenis nabati (kacang-kacangan) yang baik bagi tubuh seperti jali-jali.


5.      Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal memiliki banyak manfaat, bisa digunakan untuk memasak, merawat kecantikan wajah, menutrisi rambut, dan lain sebagainya. Buah zaitun memiliki kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organika termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagai antioksidan.

Saat bulan puasa, baik untuk mengkonsumsi minyak zaitun murni satu sendok makan saat sahur dan setelah berbuka puasa. Buah Zaitun mengandung asam oelat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengatur kadar kolestrol dalam tubuh.

Buah Zaitun juga dapat melindungi kolestrol LDL dari oksidasi serta membantu mengurangi tekanan darah.

Kandungan hydroxytyrosol dalam buah Zaitun mampu melindungi jantung, dan bertindak sebagai antikoagulan, sehingga mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan menghalangi aliran darah. (nat/dbs)

 

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top