#RamadhanGuide (18)

One Day One Juz, Khatam Alquran di Bulan Ramadhan

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim yang di CIntai Allah Ta’ala. Ramadhan dapat dibilang sebagai bulan dengan seribu bintang, bulan dimana Al Qur’an di turunkan. Di bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan ini, semua orang berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbagai amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah salah satunya dengan mengkhatamkan Al Quran.

Mayoritas umat muslim yang tengah berpuasa memanfaatkan momentum bulan suci ini, juga Nuzulul Qur’an. Kegiatan seperti tadarus dilakukan agar bisa mengkhatam 30 juz. Tapi jangankan mengkhatam Alquran berkali-kali, mengkhatam 30 juz satu kali saja butuh niat serta usaha yang besar.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

Berikut adalah bagaimana cara Mengkhatamkan Al Qur’an selama bulan Ramadhan:

1. Selaraskan target dengan kemampuanmu

Untuk membaca Al Quran pun harus diseimbangkan dengan kemampuanmu. Jika kemampuan membacamu tergolong standar kamu bisa membaca Al Quran 2 lembar dalam 5-7 menit saja. Tapi, kalau semisal bacaanmu masih terbata-bata, mungkin kamu masih membutuhkan waktu yang lama. Jika merasa kemampuan membacamu belum sempurna, maka tak perlu memasang target untuk mengkhatamnya. Yang terpenting adalah bacalah Al Quran dengan benar dan perhatikanlah tajwidnya.

Atau simplenya adalah on day one juz, caranya:

600  halaman: 30 hari = 20 halaman/hari

20 halaman: 5 (waktu sholat fardhu) = 4 halaman (2 lembar)

Nah 2 lembar itu kamu hanya perlu membaca 5 sampai 7 menit saja lho.

Satu juz Al Quran versi Madinah Rasm Utsmany terdiri dari 20 halaman yang artinya keseluruhan berjumlah 600 halaman karena dalam Al Quran terdapat 30 juz. Jika bulan Ramadhan berlangsung selama 30 hari, maka kamu bisa mengkhatamnya. Alhamdulillah juga sholat terdiri dari 5 waktu, 20 halaman dibagi 5 sama dengan 4 halaman atau 2 lembar. Jadi kalau bisa membaca 2 lembar usai shalat fardhu, tentunya kamu bisa khatam. Mudah ‘kan?

2. Beli Al Quran kecil yang bisa dibawa kemana-mana

Karena memiliki kesibukan yang cukup padat di luar rumah, maka cara terbaik agar bisa mengkhatam Al Quran adalah dengan membawanya kemanapun. Ribet? Pakai Al Quran kecil. Belilah yang berukuran 9 x 6 cm. Nggak berat, nggak ribet dan yang terpenting hurufnya masih bisa terbaca oleh mata. Kamu pun bisa membacanya ketika waktumu telah luang.

3. Baca Al Quran di antara adzan dan iqamah juga bisa dicoba

Baca Quran itu nggak melulu selesai shalat lho Sahabat. Kamu juga bisa membacanya sebelum shalat yaitu antara adzan dan iqamah. Selain itu, ini juga bisa membantumu untuk shalat tepat waktu. Jadi ada alasan nggak menunda-nunda shalat.

Daripada mikirin hal yang nggak jelas, bacalah Al Quran yang akan bisa membantumu mengendalikan hawa nafsu. Akan lebih baik kalau kamu juga membaca tafsirnya agar kamu pun bisa mempelajari maknanya dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

4. Satu kali Baca, 1 Juz

Sahabat, Kalau merasa agak kerepotan membaca Al Quran tiap usai shalat karena kesibukan atau karena merasa memang sudah jago maka baca saja langsung 1 juz. Sediakan waktu sekitar 30 menit tiap harinya untuk menyelesaikan 1 juz.

Apabila banyak waktu, cara ini dapat memudahkan para sahabat untuk mengkhatamkan QUr’an lebih dari satu kali di bulan Ramadhan.

5. Yang awal itu biasanya penuh semangat, maka tabunglah bacaan Al Quran di awal puasa

Biasanya nih awal-awal puasa umat muslim masih semangat-semangatnya melakukan kebaikan dan mengendur di tengah lalu kembali semangat di akhir Ramadhan. Nah untuk bisa mengkhatam Al Quran dengan baik, manfaatkanlah waktu di awal-awal puasa. Menabunglah sebanyak mungkin di hari-hari awal tersebut.

Maksudnya adalah, lebihkan dalam satu waktu membaca Qur’an, agar pada di waktu lain saat tidak bisa membaca Qur’an, maka sahabat masih punya tabungan halaman bacaan Qur’annya. Jadi saat di akhir pengunjung Ramadhan, sahabat tidak terlalu mengejar bacaan di waktu yang tertinggal.

Demikian sahabat gomuslim cara bagaimana dapat mengkhatamkan Al Qur’an di Bulan Ramadhan. Sesungguhnya Al Qur’an dapat membawa Syafaat di Yaumil AKhir. Wallahualam Bissawab. (hmz/gomuslim/shopback/rumaysho/bhulughulmaram)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top