#RamadhanGuide (19)

Inilah Rahasia Mulut Segar Saat Berpuasa

gomuslim.co.id – Berpuasa adalah satu dari rukun Islam, sehingga, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi mukmin untuk menjalankannya sesuai perintah Allah dalam Q.S Al Baqarah: 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.
 
Namun, saat berpuasa cenderung kering karena menurunnya aliran stimulasi saliva. Jika mulut kering, sel-sel mati dan bakteri dapat menumpuk di lidah, gusi dan bagian dalam pipi. Sel-sel ini kemudian mulai membusuk dan mengeluarkan bau yang busuk. Itulah yang menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap. 
 
Namun, sahabat gomuslim dikarenakan aktivitas kita yang padat dan mengharuskan kita banyak bertemu orang banyak tentunya kita butuh strategi agar mulut tetap segar tanpa bau mulut. Berikut rahasianya; 
 

1. Berkumur Saat Berwudhu

 
 
Sahabat gomuslim diperbolehkan berkumur saat berpuasa selama tidak berlebihan. Namun, menjadi makruh hukumnya jika berlebihan. Hal ini bisa diterapkan saat sahabat gomuslim berwudhu, atau bisa juga jika sebelum wudhu berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk mulut. Namun perlu diingat jangan sampai tertelan ya sahabat gomuslim. 
 
 

2. Jangan Lupa Gosok Gigi atau Bersiwak

 
 
 
Menggosok gigi penting meskipun tidak sedang berpuasa dengan tujuan membersihkan mulut dari kotoran sisa makanan, mencegah plak gigi dan menjaga agar mulut bebas dari bau mulut. Begitupula saat sedang menjalani ibadah puasa, sahabat gomuslim jangan sampai lupa untuk menggosok gigi rutin dua kali sehari. Sementara, menggosok gigi saat sedang berpuasa memang diperbolehkan hukumnya, namun tetap diutamakan dilaksanakan di malam hari. 
 

3. Hindari Makan Makanan Berbau Tajam

 
 
Makanan yang memiliki bau tajam seperti durian, pete, jengkol dan sebagainya memang nikmat apalagi dimakan saat berbuka puasa. Namun, sahabat gomuslim semestinya mempertimbangkan sekali lagi jika harus mengkonsumsinya ketika sedang menjalankan puasa Ramadhan satu bulan penuh. Lebih baik dihindari sehingga mulut tetap nyaman dan segar di siang hari.
 

4. Banyak Minum Air Putih Ketika Buka dan Sahur

 
 
 
Jangan lupa minum air putih saat berbuka dan sahur sebanyak-banyaknya. Selain bagus untuk tubuh karena cairan tetap terjaga, air putih akan meningkatkan produksi air liur di mulut kita. Lancarnya produksi air liur akan membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari saat berpuasa.

 

5. Konsumsi Teh Hijau Pahit

 
 
 
Teh Hijau mengandung zat polyphenol yang mampu membantu membersihan bakteri di area saluran nafas. Bagi para perokok, teh hijau juga bisa mengurangi gangguan pernafasan, lho. 
 

6. Katakan Tidak untuk Tidur Berlebihan

 
 
Terlalu banyak tidur di siang hari saat sedang berpuasa memang tidak direkomendasikan. Namun tetap saja masih banyak orang yang menghindari waktu berpuasa dengan cara tidur, padahal tidur menyebabkan mulut kita menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul.  Lagi pula, di bulan Ramadhan lebih baik perbanyak aktivitas yang bermanfaat karena segala aktivitas yang diniatkan ibadah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya di sisi Allah SWT.
 

7. Olahraga yang Cukup 

 
 
 
Lakukan olahraga yang teratur, meski sedang berpuasa karena hal ini akan membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh yang menjadi penyebab bau mulut. Saat kita berolahraga, kita juga mengeluarkan zat racun, termasuk di dalamnya adalah zat yang dapat menyebabkan bau mulut. 
 
Sahabat gomuslim, jangan sedih jika setelah menerapkan hal diatas namun tetap bau mulut, karenahal itu pernah disinggung Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah pada hari kiamat dari pada bau minyak wangi.”
 
Bau mulut muncul karena sebab ibadah, dan segala kondisi yang tidak disukai oleh manusia namun tetap dilakukan karena ibadah akan sangat bernilai di sisi Allah. Ketaatan akan perintah-Nya sangat Allah perhitungkan menjadi amal shaleh hambaNya. Jadi, tetap semangat Ibadah puasanya sahabat gomuslim! (nov/dbs) 
 
 
 
Sumber:
Alquranul Karim
Fiqh Shiyam Ramadhan, Tim Ulin Nuha Ma’had Aly An Nuur
Mausu’atul Fiqhil Islami, Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri
Mukhtasarul Fiqhil Islami fi Dhau’il Quran was Sunnah, Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri
Shahih Fiqhis Sunnah, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim 

Back to Top