#RamadhanGuide (20)

Ini Aktivitas Ngabuburit Produktif di Bulan Ramadhan 

gomuslim.co.id – Istilah Ngabuburit sangat familiar bagi orang Indonesia, dan akan menjadi lebih populer ketika bulan Ramadhan. Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, ngabuburit adalah akronim dalam bahasa Sunda dari ngalantung ngadagoan burit, yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Kata dasarnya, burit, berarti sore hari.
 
Siapa sangka, kini istilah tersebut justru dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Lontaran ajakan seperti “Ngabuburit yuk” atau “ngabuburit kemana sore ini?” biasa terdengar di telinga.
 
Nah, kali ini gomuslim punya rekomendasi beberapa aktivitas untuk ngabuburit. Simak ya!
 

1. Tadarus

 
 
 
Bulan Ramadhan adalah bulan special dengan segala keutamaannya. Semua amal yang diniatkan ibadah menjadi sangat bernilai di mata Allah. Tentu banyak sahabat gomuslim yang juga memiliki target ibadah di bulan suci, maka waktu sore hari menjelang buka puasa adalah waktu yang tepat untuk tadarus mengejar target bacaan Alquran.
 

2. Berburu Takjil

 
 
Aktivitas berburu takjil memiliki keasyikan tersendiri. Momen setahun sekali ini sayang untuk dilewatkan, yakni saat dimana banyak sekali pedagang dadakan di pinggir jalan yang menjual aneka makanan khas buka puasa. 
 

3. Olahraga

 
 
Fitness Trainer, Annisa Munaf menyebutkan waktu terbaik untuk olahraga adalah saat perut sedang kosong. Karena oembakarannya lebih cepat begitu pula dengan pembentukan tubuh /otot pun lebih cepat. 
 
Alih-alih mengurangi aktivitas fisik, stamina tubuh justru akan meningkat dan lebih segar jika olahraga. Sementara saat yang tepat untuk olahraga adalkah satu jam sebelum buka puasa di mana perut masih kosong.
Jadi, jangan ragu untuk olahraga atau lari marathon saat ngabuburit ya sahabat gomuslim
 

4. Ikut Kajian

 
 
 
Untuk ngabuburit yang produktif dan bermanfaat, sahabat gomuslim bisa mendatangi majelis ilmu di sekitar yang biasanya diadakan oleh masjid ataupun komunitas. Selain menambah ilmu, sahabat gomuslim juga akan menambah teman baru. Seru kan? 
 

5. Membaca Buku

 
 
 
Seperti yang kita ketahui, membaca buku adalah aktivitas dengan segudang manfaat. Selain menambah pengetahuan, memperkaya pembendaharaan kata, membaca buku bahkan mencegah penyakit Alzheimer. 
 
Walau membaca buku fisik tetaplah lebih direkomendasikan, namun sahabat gomuslim bisa menjadikan bacaan digital sebagai alternatif, seperti e-book atau web.  Portal online gomuslim yang terus menyajikan berita uodate seputar dunia Islam juga bisa menjadi pilihan, lho.
 

6. Menonton Video

 
 
 
Menonton video juga merupakan aktivitas menyenangkan yang seringkali bisa membuat lupa waktu. Tentunya, akan segera membuat kita lupa kalau sedang menunggu waktu berbuka puasa. Pilihan tontonan video baik di youtube dan platform lain pun beraneka ragam. Berbagai program Ramadhan turut disajikan oleh para youtuber. 
 
Itulah beberapa rekomendasi aktivitas ngabuburit bagi sahabat gomuslim agar asyik dan produktif di bulan Ramadhan. (nov/gomuslim)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top