#RamadhanGuide (29)

Ini Jawaban Bijak untuk Tangkis Pertanyaan Sensitif Saat Silaturahmi Lebaran

gomuslim.co.id - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang dinanti setelah melalui satu bulan berpuasa. Di momen seperti ini menjadi ajang berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara yang jarang ditemui.

Selain untuk bersilaturahmi, momentum tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengetahui kabar satu sama lain dalam satu tahun belakangan. Namun, ada beberapa pertanyaan sensitif yang bakal bikin mati gaya. Nah, Sahabat gomuslim, di Ramadhan Guide kali ini akan dibahas apa aja sih pertanyaan yang sering muncul saat silaturahmi beserta jawaban bijaknya:


1. “Sudah lulus kuliah belum?”

Pertanyaan ini adalah pertanyaan paling sensitif untuk mahasiswa tingkat akhir (8,9,10) yang sedang berjuang menghadapi skripsi dan mengejar dosen pembimbing untuk acc jadwal sidang. Kalau Sahabat gomuslim (semester akhir) ditanya pertanyaan ini, jawaban bijaknya:

 

 

-“Alhamdulillah sebentar lagi, doain lancar ya”

“InssyaAllah tinggal nunggu jadwal sidang, doain ya”

-“Mau ngasih aku hadiah wisuda ya kan? tungguin ya, bentar lagi kok”

 

2. “Udah kerja belum?”

Selain pertanyaan kapan lulus kuliah, selanjutnya muncul pertanyaan “udah kerja belum?” atau “sekarang kerja di mana?”. Ini juga menjadi pertanyaan sensitif dikala belum baru lulus kuliah dan belum ada panggilan kerja, atau bagi mereka yan sudah usaha interview sana sini tapi belum ada panggilan. Hal ini yang kadang bikin risih dan malas untuk silaturahmi. Ini jawaban bijaknya:

 

 

-“InssyaAllah bentar lagi, udah wawancara tinggal nunggu acc, doain ya”

-“Belum,” (dengan senyum lebar dan percaya diri) tidak apa mengatakan ‘Belum’ toh Sahabat gomuslim ngak merugikan siapapun kalau belum kerja.

“Doain ya tahun ini”

 

3. “Kapan nikah?”

Memang tidak bisa dipungkiri, siklusi hidup selalu saja berurutan dan dikelilingi banyak pertanyaan. Setelah lulus kuliah, cari pekerjaan, kemudian menikah. Setiap berkumpul dengan keluarga besar, para perawan dan bujang akan ditanya pertanyaan ini oleh nenek, kakek, atau saudara yang lama tidak berjumpa. Sahabat gomuslim ngak usah takut! dengan jawaban yang penuh percaya diri membuat kita terlihat optimis dan terus berjuang. Berikut jawaban bijaknya:

 

 

“InssyaAllah secepatnya, doain ya”

“Nama jodohku masih di lauhul mahfudz nih, belum sampai ke bumi”

-“Rahasia, kalau udah waktunya pasti aku undang”

-“Lagi menentukan saat terbaik, doain ya”

“Mau motretin aku nikah nanti ya, sabar ya segera aku kabarin tanggalnya”

 

4. “Sudah punya anak belum?”

Anak merupakan titipan sang kuasa Allah SWT, belum dikaruniai anak tidak perlu khawatir karena akan tiba waktunya jika Allah sudah mengizinkan “Kun fayakun”. Cukup bersabar dan tawakal. Jika Sahabat gomuslim menghadapi pertanyaan ini saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga, ini jawaban bijaknya:

 

 

“Sudah usaha, tinggal nunggu keputusan Allah, doain ya”

“InssyaAllah secepatnya, udah mau punya keponakan/cucu ya”

“Ia pingin banget secepatnya, tapi harus sabar”

“Alhamdulillah masih dikasih waktu untuk belajar mendidik anak, kalau sudah saatnya tepat Allah titipkan, doain ya” (nat/foto:ist)

 


Back to Top