#SerbaSerbiIdulFitri

Tips Berbusana Nyaman Saat Lebaran

gomuslim.co.id - Sahabat gomuslim, ngak berasa ya Lebaran sebentar lagi, gimana ni persiapan busana untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri? pasti Sahabat gomuslim udah nyiapin busana terbaik untuk sholat Idul Fitri dan silaturahmi ke rumah sanak saudara.

Selama proses nyiapin busana, Sahabat gomuslim pernah ngak sih kebingungan mau pakai baju apa dan gimana mix and matchnya supaya tampil nyaman. Di Ramadhan Guide kali ini akan dibahas Tips Berbusana Nyaman Saat Lebaran :


1.      Pilih Busana dari Bahan Katun yang Menyerap Keringat

 

 

Pakaian yang nyaman membuat kita tampil percaya diri karena tidak merasa kegerahan atau gatal. Karena itu sebaiknya Sahabat gomuslim menggunakan pakaian dari bahan katun dan menyerap keringat. Apalagi untuk Sholat Ied pastikan pakaian yang dikenakan tidak tebal sehingga memudahkan dalam gerakan sholat.


2.      Warna Putih


 

Lebaran identik dengan sucinya bulan Ramadhan, di Hari Raya Idul Fitri menjadi momen atau puncak meraih kemenangan umat Muslim. Salah satu warna yang melambangkan kesucian adalah warna putih, putih tulang, putih susu atau putih gading. Untuk pakaian sholat Ied baiknya menggunakan warna putih bersih sehingga ibadah akan lebih khusyu, menggambarkan kesederhanaan, kemurnian, ramah, minimalis, bersih, dan kesempurnaan.


3.      Tidak Banyak Motif dan Payet

Tren baju bermotif dan berpayet kini kurang diminati di pasaran. Bagi kaum milenial, baju dengan motif dan payet terkesan jaman old. Sehingga baju polos dengan aksen pita atau jahitan berkerut sederhana menjadi incaran.

 

 

Untuk Sahabat gomuslim yang aktif bergerak, baju dengan banyak payet akan membuat aktivitas terbatas. Karena benang payet bisa membuat menyangkut sehingga membuat susunan payet terurai. Atau baju yang terllau banyak motif memberikan kesan ramai. Gunakan busana yang sederhana hanya dengan tambahan aksen yang anggun.


4.      Pakai Hijab Berbahan Adem

Saat Lebaran, hijab akan banyak digunakan oleh Muslimah. Bagi Sahabat gomuslim yang berhijab agar menggunakan hijab berbahan tipis namun tidak menerawang, seperti voal, paris, atau ceruti. Gunakan gaya berhijab yang sederhana seperti diikat kebelakang, atau semi syari.

 

 

Saat ini, hijab segi empat/square menjadi pilihan hijabers, atau jika Sahabat gomuslim team pasminah, gunakan hijab pasminah yang tidak terlalu panjang dan membelit leher.


5.      Hindari Penggunaan Aksesoris Berlebih



Saat Lebaran menjadi momen berkunjung ke sanak saudara, baiknya Sahabat gomuslim tidak menggunakan aksesoris berlebih seperti bros hijab yang terlalu panjang, kalung yang menjuntai panjang, batu kalung yang berat, gelang tali yang berlebih atau scarf yang melilit di leher terlalu panjang dan tebal.

Jika Sahabat gomuslim ingin memakai aksesoris baiknya gunakan kalung yang minimalis, tidak banyak tali dan terlalu nyentrik.


6.       Gunakan Flat Shoes


 

Selain memperhatikan baju dan hijab yang sederhana. Pengunaan sepatu juga perlu diperhatikan. Sahabat gomuslim sebaiknya menghindari sepatu yang memiliki hak tinggi karena akan membuat kaki tidak nyaman, pegal, dan keram saat berkeliling silaturahmi ke rumah saudara. Baiknya gunakan sepatu ‘teplek’ atau datar (flat shoes), atau sepatu sandal agar mudah beraktivitas dan tampil percaya diri.

 

Dengan berbusana yang nyaman akan membuat penampilan Sahabat gomuslim stylish dan tampil percaya diri. (nat/foto:nat)

 

Baca juga:

Mudik Aman dan Nyaman, Ini Tipsnya

 


Back to Top