#PanduanHaji

Kembali dengan Predikat Haji Mabrur, Ini Tips untuk Jemaah Haji saat Pulang ke Tanah Air

gomuslim.co.id - Pelaksanaan Ibadah Haji sudah selesai. Predikat haji mabrur menjadi dambaan semua Jemaah. Bayangan rumah dan keluarga yang ditinggalkan, makin jelas di depan mata. Makkah atau amdinah, dengan berat hati segera ditinggalkan.

Setelah selesai melaksanakan thawaf perpisahan (thawaf wada’), Jemaah haji gelombang pertama sesuai jadwal kepulangan kelompok terbangnya bersiap-siap untuk meninggalkan Kota makkah menuju tanah air melalui Bandara Jeddah. Jemaah haji gelombang kedua, setelah menyelesaikan shalat Arba’in berangkat menuju Indonesia melalui Bandara Madinah atau Jeddah.

Layanan Eyab

Jemaah haji Indonesia tahun 2019 ini cukup beruntung karena terpilih menjadi satu-satunya yang akan menikmati layanan Eyab di Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, 4 sampai 14 September mendatang. Total sebanyak 13.553 jamaah haji dari 32 kelompok terbang (kloter) yang akan mendapatkan fasilitas ini.

Kenapa hanya Indonesia yang mendapatkan layanan Eyab di Bandara Madinah?

 Padahal jamaah haji dari dua negara lain, yakni Malaysia dan India, juga menikmati program ini di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Kami memilih Indonesia karena telah berhasil mengelola jamaah haji dengan baik, sehingga kami jadikan percontohan tahun ini," kata perwakilan dari Technology Control Company (TCC), perusahaan partner GACA eneral Authority of Civil Aviation) Arab Saudi, Ali Abdullah di Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, Kamis (29/8/2019).

 

Baca juga:

Jemaah Haji Indonesia Dapatkan Layanan Eyab di Madinah

 

Menurutnya, program Eyab merupakan hasil kerja sama GACA dan TCC untuk memberikan pelayanan baru bagi jamaah haji. Ada tiga hal yang ditonjolkan dalam layanan Eyab.

Pertama, memperlihatkan kepada jamaah haji keramahan dan budaya asli Arab Saudi. Kedua, percepatan proses Imigrasi dengan aplikasi teknologi. Ketiga, mengangkut barang bagasi dari hotel ke bandara, sehingga jamaah haji tidak lagi membawa koper bagasi saat ke berangkat ke bandara, tapi hanya tas tentengan.

Jemaah haji yang kembali ke Indonesia melalui dua bandara. Yakni King Abdulaziz di Jeddah dan Prince Mohammed bin Abdulaziz di Madinah. Saat ini, jemaah yang pulang berasal dari gelombang pertama yang tiba di Arab Saudi dan gelombang kedua yang sebagian besar berada di Madinah.

Adapun, jumlah jemaah haji yang menghembuskan nafas terakhirnya di Arab Saudi sebanyak 378 orang. Sebagian besar diakibatkan karena sakit.

 

Tips untuk Jemaah Haji saat Pulang ke Tanah Air

1. Istirahat ketika transit di hotel yang disediakan.

2. Bila ada waktu boleh melakukan ziarah, tapi jangan dipaksakan.

3. Bila diperlukan, makanlah obat anti mabuk sebelum lepas landas.

4. Tidur dan istirahat selama penerbangan kembali ke tanah air.

5. Sesampai di asrama debarkasi, usahakan istirahat dan rapikan barang bawaan.

 

 

Sumber:

Media Center Haji

S.R , Anarul. 2012. Sehat dan Mandiri dalam Berhaji dan Umrah. Jakarta: Zikrul Hakim

 

 

Baca juga:

Ini Tips Hadapi Musim Panas Saat Ibadah Haji dan Umrah


Back to Top