#HalalTripToThailandWithCheriaHoliday

Muslim Travelers, Ini Tips Berwisata Halal di Thailand

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, saat ini wisata halal makin naik daun, khususnya bagi traveler di ASEAN. Salah satu Negara favorit tujuan wisata halal adalah Thailand. Negeri gajah ini pun tak henti berbenah terkait fasilitas wisata yang ramah muslim.

Thailand merupakan tempat terletaknya beberapa wilayah geografis yang berbeda. Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah Selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu.

Meski udaranya yang tropis dan suasana geografisnya mirip-mirip dengan Indonesia, tapi dari segi bahasa, Thailand sangat berbeda dengan Indonesia. Karena itu, banyak hal yang perlu kita persiapkan sebelum berangkat traveling ke Thailand, khususnya bagi Muslim Traveler.

Menurut  Fery Arifiansyah (23), salah satu peserta tur bersama Cheria Holiday, hal-hal yang harus dipersiapkan untuk wisata halal ke Thailand adalah uang bath.

"Lebih baik kita tukerin uangnya selagi masih di Indonesia, karena kalau di Thailand langsung pasti ada penambahan fee yang bikin kita rugi. Selain itu, sebagai muslim travelers, kita jangan sampai ninggalin salat waktu berwisata, ini di manapun ya. Nah, untuk di Thailand, Alhamdulillah sekarang tempat-tempat umum, seperti destinasi wisata sampai mal (pusat perbelanjaan) sudah menyediakan ruang Salat yang nyaman," jelas Mahasiswa asal Malang, Jawa Timur ini.

 

Baca juga:

Hari Kedua di Thailand, Berkunjung ke Wat Arun Sungai Chao Phraya sampai Menikmati Senja di Pattaya

 

Lain hal dengan Fery, peserta tur lain, Jehan Ayu (23) berbagi cerita pengalamannya selama wisata ke Thailand. “Kalau menurutku yang perlu siap sedia selama di Thailand itu tisu basah ya jangan lupa. Karena ada beberapa toilet di sini yang memang tidak ada air keran seperti kebanyakan di Indonesia. Untuk yang gak biasa kan itu jadi problem. Tapi, di beberapa tempat wisata dan ruang salat di restoran halal, toiletnya bersih dan ada air kran ko,” kata Mahasiswi asal Palembang ini.

Ada pula Sela Kurnialita (21) yang berkomentar tentang hal penting yang harus dipersiapkan selama wisata halal di Thailand. “Selalu bawa alat salat (mukena) ya, karena meski disediakan di beberapa ruang salat yang aku temui di sini, tapi ada baiknya kita bawa sendiri. Karena hotel juga jarang yang menyediakan di dalam kamar. Selain itu, jangan bawa uang pas ya. Karena banyak barang-barang murah yang unik dan khas di sini, untuk jaga-jaga juga untuk icip-icip kuliner atau dana darurat,” kata mahasiswi asal Bekasi ini.

Nah, sahabat, berikut gomuslim rangkum beberapa tips wisata halal di Thailand:


1.      Siapkan uang Bath dan tukarkan selagi masih di Indonesia

Selama berwisata, meskipun memang sudah include dengan paket wisata, kita juga harus menyiapkan dana darurat. Karena itu, jangan sampai membawa uang pas-pasan ya dan satu hal lagi yang perlu kamu ingat, tukarkan uang rupiah ke bath (mata uang Thailand) selagi masih di Indonesia. Hal ini agar kamu terhindar dari penipuan atau kerugian pada jasa money changer di Negara tersebut.


2.      Selalu sedia alat salat di tas ke mana saja

Walaupun di beberapa tempat wisata sudah menyediakan ruang salat plus alat salatnya, tapi alangkah lebih baik kita juga membawanya ke mana saja selama perjalanan. Apalagi di beberapa hotel tidak menyediakan alat salat.


3.      Install aplikasi permudah ibadah di ponsel pintar

Untuk mempermudah ibadah selama perjalanan, sebaiknya kita meng-install aplikasi permudah ibadah, seperti penunjuk arah kiblat, pengingat waktu salat, sampai mesin pencari restoran halal dan masjid terdekat. Hal ini sangat membantu kita selama perjalanan wisata, seperti di Thailand dengan populasi muslim sebagai minoritas, tentu suara adzan dan masjid tidak begitu familiar kita temukan di Negara ini.

4.      Belajar Bahasa Thailand

Sa wat dii (khrap)

Khop Kun Krap (cowok); Khop Kun Ka (cewek)

Untuk bertamu ke negeri orang, ada baiknya kita belajar sedikit-sedikit tentang bahasa mereka bisa dengan media buku atau youtube. Minimal adalah ucapan salam, tolong, dan terima kasih. Walaupun, beberapa warga Thailand juga bisa berbahasa Inggris, meski tidak lancar dan paham tentang istilah “halal” untuk petunjuk kita yang mau mencicipi kuliner khas negeri ini.

 


5.      Pilih Agen Perjalanan yang Terpercaya

Bagi kamu yang lebih suka melakukan perjalanan yang terukur dan jelas (bukan gaya backpacker), jangan lupa perhatikan travel agent yang terpercaya. Hal ini menjadi sesuatu yang penting, karena berhubungan dengan paket wisata dan ritme perjalanan yang asyik selama jalan-jalan. Karena travel agent yang menerapkan konsep wisata halal pasti sudah memilih hotel ramah muslim, restoran halal, memberi ruang untuk rombongan tur melakukan salat, dan hal-hal terkait lainnya. (fau)

 

 

 

Baca juga:

Hari Terakhir di Thailand, Beli Coklat Rasa Tom Yam sampai Belanja Oleh-oleh di Platinum Mall


Back to Top