Millennials, Simak Tips Mudah Nabung untuk Pergi Ibadah Umrah di Usia Muda!

gomuslim.co.id - Berumrah di usia muda menjadi impian semua orang. Sayangnya, untuk bisa melakukan ibadah ini, dibutuhkan biaya yang besar. Biaya umrah paling murah di tahun ini saja sudah mencapai 21 juta-an per calon jemaah. Ibadah yang sering dijuluki sebagai ‘Haji Kecil’ ini memang bisa jadi alternatif dari ibadah haji yang biayanya dari tahun ke tahun terus meroket.

Sesuai dengan julukannya ongkos umrah memang lebih kecil dibanding dengan ongkos naik haji, dengan biaya mulai dari Rp. 21 jutaan kamu sudah bisa mengunjungi tanah suci sekaligus berwisata keagamaan di sana.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan demi mengejar mimpi berangkat umrah di usia muda?

Secara ngumpulin duit Rp 21 juta bukan perkara mudah bagi kamu yang baru saja mapan atau mencoba jadi mapan. Asalkan kamu punya niat yang tulus, tekun dan mau berhemat, mimpi umrah bakal jadi kenyataan, insya Allah.

Berikut tips nabung untuk bisa melaksanakan ibadah umrah di usia muda:

1. Kuatkan Niat

Seperti peribahasa China lama, perjalanan seribu kilometer dimulai dari langkah pertama. Keinginan untuk umrah wajib diniatkan seawal mungkin. Bahkan, kalau memungkinkan, sebaiknya dituliskan besar-besar di tembok kamar Anda.

Dengan berniat lebih awal, tentunya kita dibiasakan fokus dengan tujuan kita untuk umrah nantinya. Indahnya lagi, dalam Islam, niat untuk berbuat baik saja sudah dianggap amalan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda niat berumrah.

 

2. Lakukan tindakan penghematan

Kemudian yang harus kamu lakukan setelah berniat umrah di usia muda adalah berhemat, bukan mulai besok tapi mulai dari sekarang. Pandangi slip gaji kamu lekat-lekat lalu hitung lagi pengeluaran kamu dalam sebulan supaya kamu tahu berapa yang harus kamu hemat dalam sebulan.

Kamu harus berani menerapkan gaya hidup yang hemat dan menghentikan pengeluaran pada pos-pos yang gak terlalu penting, dengan tetap realistis tentunya. Contoh mungkin kamu bisa menghentikan kebiasaan beli kopi yang secangkirnya Rp. 50 ribu, berhenti merokok, membiasakan lari dan olahraga mandiri daripada bayar keanggotaan gym, dan mengurangi aktivitas-aktivitas hedon.

3. Menabung dengan besaran tetap

Banyak dari kita yang meremehkan kekuatan bunga berbunga atau lebih kerennya disebut sebagai compound interest. Tahukah kamu bahwa jika kamu sekarang berusia 18 tahun, menabung sebesar Rp100 ribu per bulan saja, maka bisa umrah pada usia 25 tahun.

Dengan perhitungan yang sama, jika ingin umrah bersama pasangan, cuma perlu nabung Rp200 ribu rupiah saja. Tentu saja tidak bisa menabung melalui bank yang memberikan riba, tetapi sebaiknya melalui koperasi syariah terpercaya yang biasanya memberikan bagi hasil melebihi 20 persen per tahun.

Dengan cara ini, selain bisa umrah di usia muda, biaya yang digunakan pun terjamin kehalalannya karena didapatkan dari cara yang syari.

4. Mengajukan Pembiayaan Umrah ke Bank Syariah

Model beribadah yang lagi populer saat ini adalah umrah dengan dibiayai oleh lembaga keuangan seperti dari bank atau dari pihak biro perjalanan itu sendiri. Namun agar prosesnya lebih aman dan cepat Hipwee menganjurkan kamu mengajukan permohonan pembiayaan umrah pada bank-bank syariah di kotamu.

Biasanya mereka menyebut produk itu sebagai pembiayaan umrah, namun pada dasarnya itu adalah program pembiayaan jangka pendek yang digunakan untuk memfasilitasi perjalan umrah. Dengan plafond sebesar Rp. 25-35 juta kamu bisa menyetor ongkos berangkat umrah ke pihak penyelenggara.

 

5. Hindari Diskon Travel Murah

Sahabat, diskon travel murah sangat banyak diberikan beberapa maskapai penerbangan maupun penyelenggara travel. Ga tanggung-tanggung, biasanya dengan hanya 500.000 rupiah, tahun depan para traveller bisa merasakan jalan-jalan keluar negeri.

Nah hal ini juga dapat menjadi penghambat kita karena iming-iming jalan-jalan keliling dunia, sehingga lupa akan berhaji ataupun umrah yang jelas ada nilai ibadahnya.

Sahabat gomuslim, demikian tips agar kita dapat dengan mudah Umrah. Jangan lupa untuk terus berdoa dan meminta agar dimudahkan dan dilancarkan agar Allah SWT memberikan kelancaran bagi kita untuk dapat melaksanakan Umrah. Aamiin yaa Robbal’alamiin. (hmz/foto: ilustrasi)

 

Wallahualam Bissawab

 

 

Sumber:

Buku Ustad Adi Abdillah berjudul  ‘Langkah Cepat Ke Baitullah’

Dan beberapa narasumber traveler yang berhasil menabung umrah.


Back to Top