Hijabers, Ini Ramuan Masker Alami untuk Wajah Anti Kusam

gomuslim.co.id – Percaya nggak, kalau memiliki wajah yang mulus tanpa noda dapat menjadi moodbooster tersendiri bagi perempuan?

Karena memang, memiliki wajah mulus, bersih dan tidak kusam juga memberikan rada percaya diri sehingga tetap semangat dalam berbagai kondisi.

Namun ternyata, untuk memiliki wajah anti kusam, tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena kita semua dapat meracik sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat dengan harga yang terjangkau.

Sahabat gomuslim, inilah beberapa ramuan yang kami rangkum agar wajah selalu cerah dan jauh dari kekusaman:

 

Masker Stroberi

 

Strawberry kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk memutihkan kulit wajah. Disamping itu, strawberry juga mengandung bahan anti oksidan dan anti inflamasi yang bisa menyembuhkan jerawat dan menghambat penuaan dini. Wajah akan terasa lebih mulus, kenyal dan lembut dengan rona warna yang lebih cerah.

Cukup dengan mencampurkan satu sendok yogurt dan 3 buah stroberi, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah, biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. Yogurt di sini berfungsi untuk mengontrol produksi minyak dan mengurangi jerawat supaya kulit wajah mulus.

 

Masker Lidah Buaya


Lidah buaya dikenal dengan segudang manfaat bagi manusia, termasuk dalam hal kecantikan. Kandungan vitamin dan mineral seperti zinc, zat besi, sodium, kalium, vitamin A, C dan E, flavonoid, dan fenol yang terdapat pada gel lidah buaya berguna sebagai pembentuk antioksidan alami.

Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh yoghurt, 1 sendok teh bubuk kunyit, dan 1 sendok teh jus lemon hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah, biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

Kunyit dapat membantu peremajaan kulit serta mengatasi depigmenasi. Selain itu, jus lemon juga ampuh untuk membantu mencerahkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Seperti halnya gula coklat, yoghurt juga mampu membantu pengelupasan kulit dan melarutkan sel-sel kulit mati sehingga dapat membuat wajah nampak cerah dan menghilangkan komedo.

 

Masker Tomat


Tomat merupakan buah yang kaya akan manfaat. Kandungan antioksidan, vitamin C dan protein pada tomat bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan juga menjaga dari paparan sinar matahari.

Kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa membunuh radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Selain itu, tomat juga mengandung anti-inflamasi yang bisa mencegah infeksi pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, hanya dengan mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan perasan air jeruk lemon ke wajah, diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Bagi sahabat gomuslim yang memiliki kulit kering ada baiknya menambahkan dua sendok madu agar kulit terasa lebih lembab.

 

Masker Oatmeal


Tak hanya bermanfaat bagi tubuh, oatmeal juga kaya manfaat bagi kecantikan. Salah satunya dapat mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kekusaman. Maka dari itu, kita proses ekfoliasi harus dilakukan secara rutin pada wajah. Masker wajah dari oatmeal juga bermanfaat sebagai eksfoliator alami. Tekstur oatmeal yang sedikit kasar juga menjadikan oatmeal sangat cocok untuk dijadikan bahan scrub.

Caranya, campurkan oatmeal dengan bahan tambahan seperti jeruk nipis, madu, gula, atau greek yogurt secukupnya, oleskan merata pada bagian yang dibutuhkan, setelah 15 hingga 20 menit bilas dengan air hangat dan lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu.

 

Masker Kopi


Scrub kopi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan garis-garis halus di wajah. Bahkan, kandungan asam dalam kopi juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) sementara memperlancar aliran darah ke jaringan kulit sehingga membuat kulit wajah tampak cerah bersinar.

Cukup dengan mencampurkan kopi dengan air, atau air mawar dan mengaplikasikannya ke wajah selama beberapa menit, lalu pijat searah jarum jam dan bilas dengan air bersih.

Selamat Mencoba! (nov/dbs)

 


Back to Top