Ini 8 Tips Merawat Baju bagi Hijabers

gomuslim.co.id – Memiliki rambut sehat dan terawat tentunya menjadi impian semua perempuan. Sebagai muslimah yang dalam kesehariannya mengenakan hijab tentu merawat rambut menjadi PR tersendiri.

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut bagi hijabers, agar bebas dari gatal dan rontok:

 

1. Pilih Sampo yang Tepat



Asal dalam pemilihan sampo adalah kesalahan yang paling terjadi. Padahal, pemilihan sampo adalah hal paling utama yang diperhatikan. Tak jarang, dalam satu keluarga memakai sampo yang sama. Padahal, permasalahan yang dimiliki tiap orangnya berbeda-beda dan hal tersebut justru tak memberikan solusi yang tepat pada rambut.

Maka, mulailah mencoba memilih sampo yang sesuai dengan masalah rambut. Pastinya, yang paling utama adalah mengenali permasalahan rambut, misalnya rontok, berketombe, lepek, kusam, dan lainnya.

 

2. Perhatikan Jadwal Keramas



Sahabat gomuslim, juga perlu memperhatikan waktu keramas. Untuk menjaga cahaya rambut yang berasal dari minyak di kulit kepala, tentunya tak perlu keramas setiap hari. Maka, direkomendasikan untuk keramas dua hingga tiga hari sekali.

 

3. Sisir Rambut Sebelum Keramas



Tujuan menyisir rambut sebelum keramas adalah agar tidak terdapat rambut yang kusut, yang akhirnya bisa mengurangi risiko rambut tercabut ketika keramas.

 

4. Pilih Suhu Air yang Tepat Untuk Keramas



Saat membasahi rambut dengan air, pakailah air yang memiliki suhu sedang, artinya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tahap ini merupakan tahap paling penting ketika keramas. Sebab, suhu yang tepat akan membuat folikel rambut terbuka, dan semua kotoran bisa dibersihkan dari kulit kepala.

Sementara ketika membilas rambut, diperlukan air dingin agar folikel rambut tertutup dan mencegah timbulnya rambut rontok.

 

5. Jangan Pakai Hijab Saat Rambut Basah



Hindari memakai jilbab saat rambut masih basah, karena rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Apalagi jika ditambah dengan mengikat rambut saat basah. Hal itu  akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Belum lagi, hal ini juga dapat menyebabkan ketombe.

 

6. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang



Jika rambut panjang, gunakan karet rambut yang tidak terlalu keras. Jepit rambut lebih disarankan karena nggak terlalu kuat menarik rambut. Hindari mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu lama karena bisa membuat rambut patah dan rontok.

 

7. Cermat dalam Memilih Bahan Hijab



Ternyata, pemilihan bahan hijab menjadi salah satu hal penting dalam perawatan rambut. Siapa sangka ternyata, bahan satin yang kerap dijadikan hijab tak baik untuk kulit kepala. Sebab, bahan satin tidak menyerap keringat dan lebih panas saat digunakan sehingga saat tidak dapat menyerap keringat dengan baik.  Kondisi ini bisa menyebabkan rambut lebih lembab atau lepek, bahkan lebih parah bisa menyebabkan kulit kepala berketombe.

Beberapa bahan yang direkomendasikan karena baik untuk kepala dan menyerap keringat adalah polyspun, katun, voal, dsb.

 

8. Pakai Masker dan Vitamin Rambut



Penggunaan masker rambut juga penting untuk menjaga kesehatan rambut wanita berhijab. Oleskan masker rambut yang memiliki kandungan vitamin sebanyak dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut kamu tumbuh lebih baik. (nov/dbs)


Back to Top