Muslim Milenials, Hindari Hal-Hal Ini Agar Terbebas dari Riba

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, sebagai mana kita ketahui, perbuatan riba adalah hal yang sangat dibenci Allah SWT dan tentu saja ini dilarang dalam Islam. Maka dari itu, kita umat Islam harus berhati-hati agar tidak terlibat langsung dalam perbuatan riba.

Riba sendiri adalah menetapkan tambahan atau bunga dalam jumlah tertentu yang telah disepakati bersama yang biasanya berlaku dalam urusan pinjam meminjam uang.

Saat ini, riba sudah menjadi hal yang sangat umum. Bahkan, perbuatan riba sudah sangat mudah ditemui dimana saja dan dilakukan oleh siapa saja. Dari hal yang sepele hingga hal yang besar, banyak di antaranya mengandung riba. Riba yang paling mudah dijumpai ialah adanya bunga tambahan yang harus dibayarkan ketika membayar pinjaman.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat al-Baqarah ayat 275 yang artinya, “Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Bahkan, ada sebuah ancaman besar bagi para pelaku riba yang berbunyi, “Riba itu mempunyai 73 pindu dosa, sedang yang paling ringan itu seperti seorang laki-laki yang menzinai ibu kandungnya,” (HR Ibn Majah, Al Hakim, dan Al Baihaqi). Nauzubillahimindzalik!

Lantas, apa saja hal-hal yang kita lakukan agar terhindar dari perbuatan riba? Yuk simak ulasan berikut:

1. Hindari Punya Kartu Kredit (Credit Card)

Jaman sekarang belum punya Kartu Kredit atau CC? Pasti kamu akan dibilang ketinggalan jaman. Apalagi jika sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang cukup. Tapi, tidak memiliki CC memberikan keuntungan loh. Karena kamu akan terhindar dari dosa riba. Jadi, jangan tergoda ya untuk memiliki CC. Apalagi hanya sebatas untuk menjaga gengsi. Daripada mendapat dosa riba, mending gak usah coba-coba.

2. Kredit Barang Yang Tidak Perlu

Satu hal yang tidak bisa dihindari oleh kaum millenial adalah memiliki barang-barang yang bisa menaikkan status sosial atau sekadar jaga gengsi. Memiliki motor keluaran baru, mobil keren, atau gadget kekinian, menjadi sebuah keharusan demi dipandang mapan. Dan, cara untuk bisa memiliki hal-hal tersebut dengan cepat dan tanpa mengeluarkan modal yang besar ialah melalui transaksi kredit. 

Padahal, subhanallah, transaksi kredit sudah pasti mengandung riba. Selain memiliki suku bunga yang tinggi, kamu akan mendapatkan sejumlah kerugian loh jika memaksakan diri untuk transaksi kredit. Salah satunya denda yang berkesinambungan jika kamu terlambat membayar cicilan. Jadi, coba pikir lebih matang dan bijaksana lagi yaa jika kamu hendak melakukan transaksi kredit.

3. Pinjam Uang Dengan Bunga

Hal lain yang harus kamu hindari agar tidak jatuh ke dalam riba adalah meminjam atau meminjamkan uang dengan bunga. Salah satu hal yang bisa memaksa seseorang untuk nekad meminjam uang yang memiliki bunga adalah kondisi terdesak. Orang yang terdesak membutuhkan uang akan melakukan segala cara agar bisa menutupi kebutuhannya tersebut, salah satunya meminjam uang dengan bunga. 

Hal itu lantas memberikan kesempatan pula bagi si peminjam uang untuk memberikan bunga agar bisa mendapatkan keuntungan. Astaghfirullah! jangan sampai ya kamu berada dalam kondisi tersebut. Insya Allah, Allah SWT akan senantiasa memberikan rejeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi bukan untuk gaya hidup loh.

Nah sahabat gomuslim, itu dia hal-hal yang harus kamu hindari agar tidak terjebak dalam riba. Semoga kita senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Aamiin. (mga)


Back to Top