Ini Lima Tips Agar Menjadi Ayah yang Baik

gomuslim.co.id - Peran ayah dalam keluarga tentu akan memberikan pengaruh dalam pembentukan sebuah keluarga. Sosok ayah merupakan sosok yang sangat penting di dalam sebuah keluarga. Karena sosok ayah ini biasanya adalah sosok yang dijadikan idola dan juga panutan.

Ayah bukan hanya bertanggung jawab penuh harus menafkahi dan menghidupi keluarga. Seorang ayah juga harus bisa mendalami perannya agar tercipta hubungan yang baik dan harmonis dalam keluarga.

Lalu, bagaimana menjadi ayah yang baik untuk keluarga dan menurut Islam?

Dalam bayangan anak-anak, biasanya seorang ayah adalah adalah sosok yang yang selalu diingat karena wibawanya. Seorang ayah biasanya menjadi sosok yang tegas dalam hal mendidik dan membuat aturan dalam rumah. Namun disamping itu, ayah juga bisa berperan seperti sahabat bagi anak-anaknya dikala anaknya membutuhkan teman bermain dan bercerita. 

Menjadi ayah yang baik dalam Islam tentu erat kaitannya dengan masalah agama. Ayah yang baik adalah mereka yang memberi pendidikan baik sehingga membawa kebaikan bagi anak-anaknya.

Di samping itu, sebelum menginginkan memiliki anak-anak yang berakhlak mulia, seorang ayah juga harus terlebih dahulu memberi contoh. Karena biasanya anak-anak yang saleh tercipta dari didikan orang tua yang saleh juga.

1. Jadilah Pemimpin Keluarga yang Baik

Sosok ayah dalam sebuah keluarga tentu adalah sebagai pemimpin dalam keluarga. Pemimpin dari istrinya dan anak-anaknya juga. Sejatinya, Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi ini.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-An’am ayat 165 yang artinya: “Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Penguasa, pemimpin, khalifah adalah sejumlah kata yang menunjukkan bahwa manusia ini memang dianugerahkan oleh Allah kedudukan untuk mengatur, memimpin dan memiliki kekuasaan di muka bumi. Sehingga hal itu perlu ditanamkan dalam pikiran bahwa kita memang diberikan anugerah untuk bisa menjadi pemimpin dibanding makhluk ciptaan Allah lainnya.

2. Penuhi Hak Anak

Kewajiban orang tua adalah memenuhi hak anak. Seorang ayah berkewajiban memberikan kasih sayang, pendidikan, perhatian serta bimbingan kepada anak-anaknya. Ada baiknya seorang laki-laki tahu apa saja hak dan kewajiban dari seorang ayah, jauh sebelum mereka menikah dan memiliki anak.

Kurangnya pendidikan agama menjadikan pondasi yang tidak kuat bagi anak. Sehingga bila anak tidak terdidik dengan baik agamanya, ada kemungkinan mereka akan berlaku durhaka dan seenaknya kepada orang tua ketika mereka beranjak dewasa. Artinya, pendidikan agama sangat penting diberikan oleh orang tua kepada anak sejak mereka masih kecil.

3. Memiliki dan Tunjukan Hati yang Lembut

Hampir setiap pria pasti ingin dicintai dan disayangi oleh anak-anaknya. Salah satu cara agar ayah bisa menjalin kedekatan dengan anaknya adalah dengan memiliki hati yang lembut. Maka, jadilah sosok yang tidak mudah berlaku kasar, penuh wibawa, berhati lembut namun tetap disegani oleh anak-anak.

Ayah dan ibu yang bisa menerapkan kelembutan untuk mendidik anak anaknya. Maka insya Allah anak-anak pun akan bertutur kata lembut, dapat menghargai dan menghormati orang tuanya.

4 Jadilah Teladan yang Baik bagi Anak

 

Untuk menjadi teladan yang baik bagi anak, seorang ayah harus menjalankan perannya dengan berprilaku baik mulai dari sifat dan kebiasaannya agar bisa menjadi contoh untuk anak-anaknya. Biasanya, seorang anak akan lebih mudah mencontoh dari pada disuruh dan didikte. Jadi berikanlah contoh-contoh yang baik agar anak dapat meniru kebaikan tersebut.

5. Ajaklah Anak Beribadah

Sahabat gomuslim, ajaklah anak-anakmu untuk beribadah kepada Allah SWT. Berawal dari diri sendiri yang taat kepada Allah SWT. Contoh kecil, laksanakanlah salat berjamaah di Masjid. Kemudian, ajaklah anakmu untuk ikut salat di Masjid. Dan bacalah Alquran didepannya. Tujuannya memberikan contoh kepada anak bahwa Alquran wajib dibaca sebagai pedoman hidup.

Allah berfirman "Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya" (QS. Thaha : 132).

Rasulullah SAW bersabda: "Semoga Allah merahmati seorang lelaki yang bangun di waktu malam lalu mengerjakan salat dan ia membangunkan istrinya lalu si istri mengerjakan salat. Bila istrinya enggan untuk bangun, ia percikkan air di wajah istrinya " (HR. Abu Daud, no. 1450). (hmz)

 

Sumber:

- Merajut Rumah Tangga Bahagia, A. Fatih Syuhud, Pustaka Alkhoirot

- Keluarga Syakinah, Cara membina Rumah Tangga Harmonis dan Berkualitas, A. Fatih Syuhud, Pustaka Alkhoirot

- Hijapedia


Back to Top