Cuaca Panas Landa Mekkah

120 Jemaah Umrah Tersungkur dari Eskalator Masjidil Haram Saat Hendak Laksanakan Shalat Jumat

Mekkah, (gomuslim). Suhu udara yang panas melebihi 40°C menjadi sebab jatuhnya 120 jemaah umrah di eskalator, lingkaran tawaf dan sa’i saat hendak melaksanakan shalat Jumat hari ini (10/06/2016). Diperkirakan jatuhnya beberapa jemaah berimbas ke jemaah lain di bawahnya sehingga musibah ini banyak memakan korban. Para askyar yang bertugas di dekat kejadian langsung  bergegas menyelamatkan jemaah tersebut dan memberikan pernyataan bahwa kebanyakan dari jemaah yang terjatuh dari eskalator adalah jemaah yang telah memasuki usia lanjut dan tidak kuat menahan cuaca panas yang sedang terjadi di kota Mekkah.

Para korban terjatuh itu langsung ditangani oleh para medis yang telah tersebar di Masjidil Haram, bahkan relawan dari Bulan Sabit Merah turut memberikan pertolongan pertama kemudian korban tersebut di bawa ke rumah sakit terdekat.

Terkait dengan peristiwa ini, Komandan Pertahanan Kota di  Masjidil Haram Uqaid Muhdi bin Zaid Al Fahmi menjelaskan bahwa seluruh petugas keamanan yang dikerahkan di Masjidil Haram telah dilatih untuk mengendalikan situasi darurat yang terjadi, termasuk cara memberikan pertolongan pertama kepada para jemaah yang terkena musibah baik berupa penyakit maupun kecelakaan seperti yang terjadi pada peristiwa jatuhnya jemaah umrah dari eskalator pada Jumat pertama di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Uqaid pun menjelaskan bahwa para petugas tersebut telah disebar di beberapa titik yang menjadi konsentrasi para jemaah seperti area tawaf, pintu masuk-keluar masjid, jalur sa’i, dan halaman masjid. Mereka telah dibekali alat komunikasi khusus yang dapat tersambung dengan pihak-pihak terkait jika terjadi insiden mendadak demi penganggulangan hal tersebut secara cepat.

Terkait insiden yang terjadi hari ini, menurut Uqaid petugas yang berada di Masjidil  Haram telah menanganinya dengan cepat bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah sebagai organisasi kemanusiaan yang banyak fokus pada penanganan bencana.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari al-Madina, Jumat, (10/06/2016), jemaah yang terjatuh di eskalator dan area tawaf berasal dari berbagai negara, sebagian besar jemaah umrah yang terjatuh adalah mereka yang mengalami kekambuhan penyakit yang dideritanya setelah sistem kekebalan tubuhnya tidak kuat menahan cuaca panas di Mekkah.

Sementara ini tidak ada korban jiwa yang meninggal dunia, namun 120 korban tersebut dikabarkan dirawat di rumah sakit sekitar Masjidil Haram. Mari kita doakan semoga jemaah umrah diberi kekuatan dan kesehatan. (fh)