Saudi Arabian Airlines Terpaksa Lakukan Pendaratan Darurat Karena Seorang Ibu Lahirkan Anaknya di Dalam Pesawat

Perjalanan Maskapai Saudi Arabian Airlines (Saudia) harus terhenti karena situasi darurat, bukan karena ada gangguan mesin, turbulence atau hilangnya kontak sinyal. Namun karena seorang penumpang wanita yang tengah hamil tua harus segera diselamatkan, pasalnya wanita tersebut melahirkan seorang bayi perempuan di dalam pesawat. Seorang pilot maskapai dengan rute penerbangan Jeddah-New York akhirnya mengambil langkah inisiatif untuk menghentikan penerbangan di Heathrow London, penerbangan pun mengalami delay untuk sementara waktu.

Peristiwa persalinan bayi perempuan tersebut disinyalir terjadi ditengah perjalanan sehingga pesawat jenis Boing 777 memberikan laporan saat mengudara di Iralandia Utara. Sang pilot pun langsung diperintahkan untuk berbalik ke arah London.  Dari laporan pelacakan penerbangan udara dinyatakan bahwa peristiwa itu terjadi pada 10:47 BST. Sebagaimana yang dikutip dari BBC UK, dalam laporan tersebut tertulis di papan penerangan SV21 yang bunyinya "Seorang wanita melahirkan". Pada gambar di bawah ini terlihat rute balik arah pesawat dari Irlandia Utara menuju London.

ligl

Asisten Direktur Umum Saudia Abdurrahman Alfahd, membenarkan terjadinya peristiwa ini, menurutnya peristiwa ini terjadi pada Rabu, (15/06/2016). Alfahd menjelaskan bahwa pilot pesawat terpaksa harus balik arah ke London saat pesawat telah mengudara di Irlandia.  Setelah dilakukan laporan  keadaan darurat via komunikasi khusus penerbangan, akhirnya pramugari pesawat menyampaikan informasi, “Demi ketenangan dan keselamatan seorang ibu yang melahirkan maka penerbangan terpaksa dihentikan dan akan dilanjutkan kembali ke New York,” bunyi informasi tersebut seperti yang dilansir dari Akhbar24, Rabu, (15/06/2016).

Setibanya di Bandara Heathrow London, mobil ambulan segera dipanggil untuk membawa ibu tersebut ke rumah sakit. Pihak Bandara Heathrow pun membenarkan peristiwa ini sekaligus menambahakan bahwa pada saat kondisi seperti ini upaya penyelamatan menjadi prioritas yang harus dilakukan karena hal ini tergolong sebagai keadaan darurat medis seperti yang dialami pada Maskapai Saudia Boing 777  saat ini.

Pesawat Saudia kembali melanjutkan perjalanan ke New York setelah dipastikan sang ibu dan bayinya selamat. Pada kondisi yang mengharukan ini para pramugari Saudia pun turut merasakan kebahagiaan dengan menyempatkan diri untuk selfie bersama bayi yang lahir di udara tersebut. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Saudia ini adalah salah satu maskapai bertaraf Internasioal yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengangkut jemaah haji Tanah Air, dengan demikian harapan ke depannya adalah semoga jemaah haji Indonesia mendapatkan pelayanan terbaik dari maskapai besar ini. (fh)

hyoih


Back to Top