Kini Inggris Punya Vitamin Bersertifikat Halal

(gomuslim). Pasar produk halal kini mulai diminati banyak negara, tidak hanya untuk yang berpenduduk mayoritas muslim, tapi juga negara dengan muslim minoritas. Hal ini menjadi angin segar bagi banyak perusahaan yang menawarkan muslim needs untuk mengembangkan sayap mereka di ranah produk-produk halal, demi menarik perhatian konsumen muslim. Seperti yang dilakukan oleh Inggris baru-baru ini. Kota London, Inggris resmi meluncurkan sebuah vitamin untuk pertama kalinya yang bersertifikat halal.

Hal tersebut dilakukan oleh Tim dari Nature’s Well Laboratories dengan kajian mendalam dari keadaan pasar suplemen gizi di Inggris yang berkaitan dengan Sertifikasi Halal. Hasilnya memang membuka mata mereka, ternyata bahwa orang-orang di komunitas Muslim telah benar-benar diabaikan dalam pilihan produk halal dan mereka ingin mengubah itu. Karena, menurut mereka, pemberitahuan pada kemasan produk yang tertera:  "cocok untuk vegetarian" sama sekali tidak berarti cocok untuk umat Islam, karena produk-produk tersebut juga sering mengandung alkohol  atau etanol.

Seperti dilansir dari TheHalalTimes, merek vitamin utama di Inggris biasanya mengandung gelatin babi, dan bahan-bahan yang berasal dari hewan non-halal lainnya. Pasar yang luas ini tidak mendapatkan perhatian yang layak. Pasar konsumen Muslim dengan 1,8 miliar orang dapat dikatakan penting dan menurut mereka sebagian besar belum dimanfaatkan yang padahal memiliki kesempatan global sangat besar. Pasar Halal di Inggris saja bernilai mengejutkan yaitu sekitar £1,4 triliun per tahun, dan meningkat pada £333 miliar (Pound sterling) setahun.

Satu-satunya solusi adalah untuk memiliki tim riset Nature’s Well yang juga dinamakan sebagai nama brand vitamin ini. Penelitian ini mengembangkan formula sendiri yang akan memenuhi aturan ketat dari lembaga resmi sertifikasi halal Inggris, yaitu Halal Monitoring Comitte (HMC). Untuk itu, Vitamin Nature’s Well hanya menggunakkan bahan baku dan baru siap dikemas untuk dipasarkan setelah pengujian menyeluruh untuk membuktikan kemurniannya. Selain itu, hal ini sebenarnya juga dilakukan pada semua produk yang diproduksi di Inggris  yang harus  memiliki beberapa persyaratan suplemen gizi yang paling ketat di dunia. Hanya karena bahan yang tercantum pada label tidak berarti ada jumlah yang cukup untuk memperoleh manfaat obat atau vitamnin untuk sebuah pengobatan. Untuk itu formula yang digunakkan dalam vitamin  Natures Well menggunakan dosis bahan yang benar untuk memastikan efek yang diinginkan.

Selain vitamin ini, Natures Well Laboratories juga meluncurkan  12 produk lain di tahun 2016 ini yang memberikan mereka berbagai Bersertifikat Halal terbesar secara global. Mereka telah merumuskan sejumlah produk yang dirancang khusus untuk komunitas Muslim. Vitamin ini termasuk dosis tinggi yang mengandung suplemen vitamin D  untuk orang yang tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari. Mereka juga telah meluncurkan Omega 3 suplemen EPA/DHA berasal dari Algae Oil (minyak dari tumbuhan ganggang berkhasiat dan aman). Formula ini tidak hanya cocok untuk umat Islam, tetapi juga baik untuk  para Vegetarian, karena tidak mengandung minyak ikan. (fau/dbs)


Back to Top