Imam Besar Masjidil Haram Resmikan Masjid dan Sekolah Islam di Inggris

(gomuslim). Direktur Pusat Dakwah di Inggris Sheikh Abdulaziz Al Harbi telah mewujudkan saran dari imam besar Masjdiil Haram Abdurrahman As Sudais dalam rangka peresmian Masjid dan Sekolah slam As-Salam di Bristol diiringi pula dengan peresmian Masjid di Birmingham yang dilakukan olehnya. Semua hal ini  adalah sebagai langkah untuk meningkatkan upaya dan budaya dakwah di Inggris.

Setelah meresmikan dua masjid dan satu sekolah Islam di Inggris, imam Masjidil Haramn ini juga  menyempatkan diri untuk bertemu langsung dengan saudara sesama Muslim yang hidup sebagai kaum minoritas di sana.  Menurut Sudais, momen seperti ini merupakan momen bersejarah di mana umat muslim pada umumnya adalah saudara karena membawa ajaran yang sama dan menjalankan perintah yang sama.

Sudais pun sangat senang melihat aktivitas dakwah Islam yang dilaksanakan oleh umat Muslim di Inggris sehingga hal ini berdampak pada perkembangan Islam yang terus meningkat setiap tahun. Hal inilah mendorongnya untuk terus mendukung upaya dakwah yang harus berlanjut dan tetap mengedepankan kedamaian di bumi Allah.

Selain itu Sudais pun menandaskan bahwa umat Islam harus tetap berbuat baik di masyarakat, “Kita adalah umat pertengahan (moderat) yang diberkahi dengan hidayah dan rahmat, sehingga hidup berdampingan dengan sesama, kelak Islam akan tersebar ke seantero dunia namun kita harus tetap menjaga diri karena kita hidup dalam masyarakat yang kompleks maka dari itu harus tetap banyak berbuat baik,” ujar Sudais saat bertemu Syeikh Abdul Aziz Al Harby.

Sementara itu menurut Sudais, undangan yang diterima olehnya adalah suatu penghargaan besar bagi dirinya, mengingat Islam bukanlah agama mayoritas di Inggris namun Islam dapat berkembang di negeri kerajaan ini. Bahkan sekolah dan masjid yang diberi nama As-Salam merupakan suatu bentuk perwujudan dakwah dimana Islam sejatinya harus menebarkan kedamaian.

pada 2014 terdapat sekitar tiga juta pemeluk Islam di Inggris atau sekitar 5% dari jumlah penduduk keseluruhan dan sekitar 1.750 masjid. Data ONS menunjukkan, warga Muslim di Inggris berjumlah 3.114.992 orang atau setara 5,4 persen dari total populasi. Kenaikan jumlah populasi umat Muslim disebabkan oleh tingginya angka kelahiran dan juga imigran Muslim yang terus datang ke negeri Ratu Elizabeth ini.

Ada kemungkinan jumlah masyarakat Muslim di Inggris dapat menjadi warga mayoritas kedua, mengingat peningkatan jumlah umat Islam dari tahun ke tahun terus mengalamai peningkatan. Pada tahun 1991 warga Muslim di Inggris mencapai 1,9 persen dari total penduduk negara ini di mana pada saat itu jumlah total masyarakat Muslim  tercatat 950,000 orang.

Peningkatan jumlah umat Muslim di Inggris makin terlihat ketika setiap tahunnya negera ini juga turut memberangkatkan tidak kurang dari 25 ribu jemaah haji. Bahkan aparat kepolisian di negeri ini juga melindungi jemaah dari ulah penipuan oknum penyelenggara haji yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian sejatinya umat manusia di dunia harus dapat hidup rukun dan damai karena hal itu merupakan bagian dari ajaran Islam. (fh/gph)


Back to Top