Wisata Halal

Kota Ini Punya Peta Wisata Khusus Untuk Turis Muslim

(gomuslim). Wisata halal menjadi komiditi paling dicari sebagai bagian dari muslim needs saat ini. Karena itu, banyak negara Islam yang terus melakukan inovasi demi menarik perhatian wisatawan muslim. Tapi hal ini tidak hanya dilakukan oleh negara dengan muslim mayoritas, tapi juga negara dengan muslim minoritas. Salah satunya adalah yang dilakukan sebuah kota di Negeri Sakura ini.

Adalah Taito Ward, sebuah kawasan (unit) wisata di kota Tokyo, Jepang yang membuat peta perjalanan wisata khusus bagi turis muslim yang berkunjung ke tempat tersebut. Peta tersebut  tercantum daftar tempat wisata populer yang ada di Tokyo. Dengan peta ini, masyarakat muslim sekitar dan juga turis asing bisa dengan mudah menemukan destinasi-destinasi wisata yang ada di sekitar Taito Ward beserta tempat ibadah, resto halal, dan lainnya di kawasan tersebut.

Pada peta wisata khusus turis muslim tersebut, seperti dilansir dari publikasi Venuemagz, akan menampilkan informasi mengenai lokasi tempat ibadah, restoran bersertifikat halal, hotel yang ramah muslim, dan toko suvenir di sekitar. Peta wisata ini akan disebar ke seluruh pusat informasi wisata, Bandara Narita, Bandara Haneda, International Tourism Fair atau International Tourism Expo di ASEAN, dan di lokasi-lokasi yang tercantum di dalam peta tersebut.

Taito Ward saat ini memiliki banyak fasilitas modern yang dapat dinikmati. Area ini dipenuhi sejarah dan kebudayaan tradisional Jepang pada periode Dinasti Edo di abad ke-17. Tidak seperti daerah lain yang telah hilang unsur kebudayaan dan sejarah masa lalunya, Taito masih mempertahankan karakteristik dan budaya lama. Taito merupakan perpaduan kebudayaan lama Jepang dengan fasilitas modern yang dapat ditawarkan kepada para turis. Destinasi ini adalah  obyek wisata yang wajib dikunjungi di Tokyo.

Beragam inovasi ini dilakukan Pemerintah Jepang, khususnya Kota Tokyo, untuk menarik perhatian turis muslim dan juga memudahkan perjalanan mereka. Hal ini berkaitan dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jepang yang  terus meningkat, terutama kunjungan dari negara-negara ASEAN. Pada 2015, turis muslim dari Indonesia yang mengunjungi Jepang meningkat 29,2 persen dibanding pada tahun 2014. Mayoritas para turis tersebut mengunjungi Tokyo, termasuk Asakusa untuk melihat kuil Sensoji. Karena itu, Taito Ward akan menyiapkan infrastruktur pendukung untuk memfasilitasi para turis muslim tersebut.

Taito Ward sendiri adalah sebuah distrik atau wilayah yang berada di kota metropolitan Tokyo, Jepang, atau sering dikenal dengan Taito City. Pada Mei 2015, populasi di Taito adalah 186,276 orang dengan total 10.11 km². Ini yang membuat Taito adalah distrik dengan luas area paling kecil dan peringkat ketiga populasi  paling sedikit di Tokyo.

Tapi, Taito tetap menjadi favorit para turis asing yang berkunjung ke Jepang. Dirancang sebagai kawasan wisata, Taito Ward memiliki banyak destinasi wisata, di antaranya  adalah Sensoji Temple, Asakusa Shrine, Bentendo Hall Temple, Kaneiji Temple, Kiyomizu Kannon-do Temple dan Toshogu Shrine. Selain itu, Taito juga mempunyai banyak museum dan galeri seni yang luas, seperti  Tokyo National Museum, National Museum of Nature and Science, National Museum of Western Art, Tokyo Metropolitan Art Museum dan  Tokyo Metropolitan Festival Hall. (fau/dbs)

 

 

 


Back to Top