Musim Haji Makin Dekat, Proses Pembuatan Kiswah Belum Selesai

(gomuslim). Lembaga Pembuat Kiswah Kakbah telah menyelesaikan tahap awal penenunan Kiswah yang diproduksi tahun ini, atau belum tuntas 100%. Kiswah tersebut merupakan penutup Kakbah yang pertama di masa kepemimpinan Raja Salman,karena Kiswah yang menyelimuti Kakbah saat ini adalah hasil dari produksi tahun lalu di masa kepemimpinan Raja Abdullah bin Abdul Aziz yang merupakan saudara kandung dari Raja Salman yang saat ini memimpin Kerajaan Arab Saudi.

Direktur Lembaga Pembuat Kiswah Dr. Muhammad Abdullah Bajudh menjelaskan bahwa proses produsi Kiswah tahun ini jauh lebih cepat dibanding sebelumnya. Perkembangan pembutannya telah sampai pada penyelesaian Kiswah untuk 3 sisi Kakbah. Selanjutnya akan masuk tahap keempat yakni pembuatan satu sisi penutup Kakbah dan jika sisi itu selesai maka proses pembuatan Kiswah pada tahun ini dinyatakan telah rampung.

Cepatnya proses dalam memproduksi Kiswah tidak terlepas dari manajemen kerja yang efektif serta didukung dengan adanya peralatan yang memadai sehingga mempermudah para pekerja dalam mejalanankan proses penenunan secara berkelanjutan. Bajudh menandaskan juga bahwa para  pekerja yang dilibatkan dalam proses produksi Kiswah adalah pemuda yang mempunyai semangat besar dan menyintai profesi ini dibanding dengan yang lainnya.

Selanjutnya Bajudh juga menekankan bahwa efisiensi waktu adalah faktor terpenting dalam penyelesaian produksi Kiswah, namun tidak mengabaikan estetika dan keakuratan dalam pembuatannya, hal ini juga  menjadi perhatian utama Ketua Umum Masjid Haraiman Dr. Abdurrahman As-Sudais. Karena itu, meski dalam pembuatan Kiswah harus mengindahkan efisiensi waktu namun ketelitian dalam penyulaman benang emas, penjahitan dan lain sebagainya harus tetap diperhatikan oleh setiap pekerja.

k;fgks;

Saat ini Kiswah yang telah selesai dibuat adalah penutup 3 sisi Kakbah dari sisi Hajar Aswad 10,29 m, dari sisi Pintu Ibrahim 74,12  m, dari sisi dua rukun dua rukun Kakbah masing-masing 10,78 m.  Sedangkan yang masih tersisa adalah sisi yang menutupi Multazam yang luasnya 12,25 m. Bajudh menjelaskan bahwa tahap penyelesaian selanjutnya dengan izin Allah akan segera dilaksanakan.

Kiswah Kakbah ini terdiri dari 16 buah sabuk yang mengelilingi Ka'bah dan panjangnya 47 m, kemudian di bawah sabuk Kiswah terdiri dari 6 potongan kain ukuran sedang yang panjangnya sampai ke 16 lentera yang ditempatkan di sekitar Kakbah, kemudian 4 potongan kain lainnya adalah berupa kain yang permukaannya diberi tulisan surat Al-Ikhlas. Raja Salman meminta agar hizam (sabuk) Kiswah ada juga diletakkan di Multazam sebagai penutup pintu Kakbah yang tingginya mencapai 6,5 m dan lebar 3,5 m.

 

Selanjutnya Bajudh menjelaskan bahwa pabrik pembuatan Kiswah hanya memproduksi 1 unit Kiswah dalam setahun termasuk juga Kiswah cadangan atau komponen lainnya jika dibutuhkan untuk bulan syawal tahun depan.

Produksi Kiswah yang langsung ditangani oleh Lembaga Pembuat Kiswah Kakbah dilakukan secara professional oleh tenaga ahli yang telah terlatih, sehingga kualitas Kiswah yang dihasilkan tetap terjaga. Kiswah yang diproduksi tidak hanya sebatas indah dan mewah, namun juga harus dapat menyerap sinar matahari agar Kiswah dapat tahan lama sampai masa penggantiannya setiap tanggal 9 Dzulhijjah. (fh/gph)


Back to Top