Inilah Aplikasi Wajib ‘Halal Travel Guide’ Bagi Turis Muslim

(gomuslim). Banyak turis muslim yang kesulitan menemukan destinasi wisata halal saat berkunjung ke tempat-tempat wisata. Lebih sering, kesulitan ini termasuk ke dalam pencarian tempat ibadah, resto dengan makanan halal, penginapan dan lainnya. Tapi berkat perkembangan teknologi saat ini, kesulitan tersebut bisa diatasi dengan aplikasi yang satu ini.

Diluncurkan sejak 2015 lalu, aplikasi bernama HalalTrip ini dibuat oleh startup asal Singapura yang menawarkan layanan travel bagi umat muslim mencoba mengakomodir hal itu. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen Muslim untuk memesan tiket pesawat, hotel, hingga paket perjalanan tersebut menambahkan fitur baru yang memudahkan pencarian makanan halal saat tengah bepergian.

Update pada aplikasi mobile HalalTrip dengan fitur pencarian menu makanan halal ini memungkinkan pengguna bisa menemukan, berbagi, dan memberikan penilaian mengenai beragam makanan halal di seluruh dunia. Ketika menemukan tempat dengan label halal di berbagai belahan dunia, pengguna dapat mengambil dan mengunggah foto, memberikan komentar, dan berbagi melalui media sosial ke umat Muslim di seluruh dunia, atau siapa pun yang menggunakan aplikasi ini. Pihak HalalTrip mengklaim bila makanan halal adalah salah satu yang diminati di dunia turisme dengan target pasar Muslim.

“Kami ingin membuat semua perencanaan perjalanan menjadi lebih mudah dan menyenangkan, selain tentunya dapat menemukan beberapa hal penting untuk kenyamanan perjalanan mereka seperti tempat makan selama travelling,” jelas CEO HalalTrip Fazal Bahardeen, seperti dilansir dari publikasi TechinAsia.  

Tambah Fazal, makanan halal adalah salah satu pertimbangan penting bagi kaum Muslim sebelum memutuskan melakukan perjalanan, dan kami sudah melihat peningkatan yang tinggi dari kacamata industri, seperti semakin banyaknya restoran yang menyajikan menu halal.

Selain itu, target utama HalalTrip adalah konsumen di Asia Tenggara, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat. Tim HalalTrip yang beranggotakan 10 orang ini akan melokalisasi website ini dengan menyediakan konten berbahasa Arab dan Perancis. Mereka juga berencana untuk mendukung pasar lain seperti Indonesia dan Malaysia. Aplikasi iOS Crescent Rating yang menunjukkan waktu shalat selama penerbangan dan arah kiblat yang bernama Crescent Trips juga akan tersedia untuk Android dan akan diintegrasikan di situs HalalTrip.

Versi terbaru dari aplikasi ini tersedia baik dalam bahasa Inggris, Arab, Indonesia, maupun Malaysia. HalalTrip juga akan menambah sejumlah fitur baru, termasuk layanan pemesanan dan panduan kota. HalalTrip tersedia secara gratis di iOS dan Google Play. Sampai saat ini, HalalTrip sudah mendapat 50.000 lebih download di Google Play, sedangkan di tingkat Asia, HalalTrip berkompetisi langsung dengan HalalMinds, aplikasi sejenis yang berasal dari Jepang. (fau/dbs) 

 


Back to Top