Muslimah Food Blogger Ini Tulis Buku Kumpulan Resep Makanan Halal

(gomuslim). Untuk para  mualaf apalagi yang tinggal di Negara dengan muslim minoritas akan kesulitas mendapatkan produk-produk halal. Khususnya adalah makanan dan minuman halal. Hal ini menjadi alasan seorang muslimah mualaf asal Inggris ini menulis buku pertamanya bertema resep-resep masakan halal yang bisa menjadi rekomendasi para muslim atau siapa saja yang ingin menghindari produk-produk non-halal dalam makanan buatan mereka.

Adalah Mindy Johnston atau yang mempunyai nama pena M.K. Bodo ini, muslimah asal Virginia, Amerika Serikat yang sangat menyukai memasak. Sebagai seorang Ibu dari dua orang anak, dia dituntut harus bisa berbagai resep masakan setiap harinya. Sejak memutuskan memeluk Islam, Mindy pun mulai belajar dan melakukan makeover terhadap resep-resep masakannya ke dalam klasifikasi halal menurut ajaran Islam. Hal ini yang mendorongnya menulis buku kumpulan resep masakan halal berjudul Halal Comfort Food: The New Muslim's Guide to Going Halal.

Sebagai seorang mualaf, Mindy mengakui bahwa dia sempat kesulitan untuk tetap mengkonsumsi makanan-makanan halal. Perbedaan-perbedaan pendapat tentang halal haram pun menambah kebingungannya. Karena alasan itulah Mindy memutuskan untuk menulis buku mengenai hal tersebut. Dalam bukunya Halal Comfort Food, food blogger ini membahas mengenai makanan halal dan haram dan juga memberikan resep-resep alternatif makanan halal dari makanannya yang tidak halal.

Banyak kesulitan yang ia hadapi selama menulis buku ini. Kesulitan terbesar yang dihadapi muslimah ini adalah mencari pengganti dari makanan-makanan yang tidak halal. Terbatasnya tempat yang menjual makanan halal di sekitar daerah tinggalnya juga menjadi masalah terbesar dalam menulis buku ini. Namun, setelah lima tahun mengumpulkan berbagai referensi makanan halal dan menguji coba resep buatannya, Mindy pun berhasil merilis buku pertamanya ini di Amazon.

Seperti dilansir dari publikasi Hayatimagazine, Mindy mengaku memiliki tantangan yang cukup besar selama menulis buku ini. Hal itu karena saat memasak dan mencoba resep-resep baru, dia kesulitan mendapatkan bahan-bahan halal untuk makanan kreasinya.

“Saya ingin bisa membuat sebuah panduan memasak yang lengkap beserta resep masakannya, sehingga pembaca yang ingin mencoba memasaknya di rumah bisa mempraktikkannya dengan baik. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam makeover resep makanan menjadi halal food, misalnya menukar bahan wine dengan  jus anggur. Memang harus punya effort yang besar, apalagi saya harus rela berkeliling ke beberapa supermarket untuk mencari bahan-bahan makanan halal untuk kreasi masakan saya, “ jelas pemilik akun hubpages.com/@mkjohnston81 ini.

Buku Halal Comfort Food: The New Muslim's Guide to Going Halal ini sendiri memiliki tujuan tidak hanya untuk memberitahu orang tentang apa yang harus dilakukan dalam memasak, tapi juga untuk membantu pembaca yang sedang belajar Islam, khususnya dalam mengenalkan makanan halal. Buku ini akan membantu pembaca dengan seluruh hal yang berkaitan dengan syarat-syarat halal menurut Islam, dan untuk membantu cara masak dan makan dengan aturan halal dalam Islam.

Semakin lengkap, buku ini pun terdiri dari banyak resep masakan halal, termasuk masakan-maakan favorit orang Amerika yang di-makeover dengan bahan-bahan halal, serta banyak bahan-bahan masakan dari tradisi muslim di seluruh dunia. Beberapa resep masakan tersebut adalah Halal Breakfast Sausage, Pasta Bolognese, Stuffed Dates, Lasagna with Halal Italian Sausage, Baked Mac & Cheese, Biscuits & Gravy, Halal Marshmallow Treats, Chocolate Chip Cookies, dan masih banyak lagi.

Selain menulis buku dan terus mengembangkan bakatnya dalam urusan dapur, Mindy juga disibukkan dengan kegiatan-kegiatan Masjid di dekat rumahnya dan menjadi juru masak di kegiatan Masjid tersebut. Buku karya Mindy ini bisa dipesan via Amazon melalui link berikut: http://www.amazon.com/M.K.-Bodo/e/B00M2G7IZ0/ref=dp_byline_cont_pop_ebooks_1. (fau/dbs)


Back to Top