Inilah Produk Kosmetik Halal dari Negeri Sakura

(gomuslim). Selain aktif mempromosikan wisata halalnya, negeri Sakura juga aktif meluncurkan produk-produk halal, seperti makanan dan minuman. Selain itu, Jepang juga baru-baru ini merilis sebuah produk kecantikan pertamanya yang bersertifikat halal. Tidak hanya dijual di Jepang sendiri, produk ini juga sudah dijual di dunia International.

Adalah Momo Hime, brand kosmetik yang diproduksi oleh perusahaan Jepang bernama PBJ. Produk kecantikan ini mulai dijual sejak (3/03/2016) dan ditujukan bagi para muslim di Jepang. Namun, tak hanya terbatas pada umat muslim saja, produk kosmetik ini juga terkenal di kalangan konsumen non muslim.

Dengan pengalaman selama 80 tahun berkutat dengan penjualan buah dan sayuran, PBJ baru memutuskan beberapa tahun kemudian untuk memproduksi sari buah persik untuk kesehatan dan kecantikan. Apalagi, nama Momo Hime sendiri itu berarti ratu buah persik yang memiliki keistimewaan aroma buah peach. Pihak PBJ menilai hal ini akan membuat perempuan merasakan suasana rileks seperti ekstak buah peach yang berfungsi untuk moisturizing dan antibacterial.  Produk ini pun dikemas dalam packaging berdekorasi gambar buah persik dan bunga sakura yang imut dan menarik yang disesuaikan dengan selera perempuan seluruh dunia.

Sebagaimana publikasi dari JapanToday, Perusahaan PBJ ini dimulai oleh pasangan suami istri Jepang yang beragama Islam. Sekitar tiga sampai empat tahun yang lalu, mereka sering pulang-pergi ke Indonesia dan menjadi suka dengan Indonesia. Ide untuk memproduksi dan menjual produk Momo Hime bermula ketika mereka mendengar berbagai keluhan para wanita Indonesia yang ingin menggunakan produk kosmetik Jepang namun terhalang oleh harga yang mahal dan bahan produk yang tidak halal.

Karena alasan itu, para pendiri PBJ ini bercita-cita untuk menjual produk mereka di Indonesia. Saat itulah Momo Hime lahir sebagai produk kosmetik Jepang halal yang tidak mengandung alkohol atau minyak yang terbuat dari babi. Selain halal, produk ini pun terasa segar ketika dipakai karena produknya sengaja dirancang khusus agar nyaman dipakai di negara tropis seperti Indonesia. Agar harganya tetap terjangkau, pihak perusahaan menghilangkan upaya pemasaran produk secara besar-besaran.

Pada bulan April 2016, Momo Hime turut serta dalam Sakura Matsuri yang diselenggarakan di daerah Bekasi. Acara ini pun dihadiri oleh berbagai idol group lokal dan ramai dikunjungi oleh para perempuan. Selain itu, tak sampai tiga bulan sejak peluncurannya, Momo Hime sudah mampu melewati seleksi dan penilaian yang ketat di Moscow Halal Expo pada JUni 2016 lalu dan keluar sebagai pemenang penghargaan produk terbaik.

Adapun produk kecantikan Momo Hime ini tersedia dengan beragam varian, di antaranya pembersih wajah, lotion pelembab, dan gel cream. Pembersih wajah dijual dengan harga 1.780 yen, lotion pelembab 1.980 yen, dan gel cream 1.980 yen (semua harga belum termasuk pajak). Selain itu, dalam waktu dekat, PBJ berencana untuk meluncurkan berbagai produk lain seperti white essence (pemutih kulit), BB cream, cleansing gel, dan night cream yang tentu dengan mengantongi sertifikasi halal.

Tapi, kekurangannya, produk Momo Hime baru tersedia bagi muslim di Jepang. Sementara ini, produk Momo Hime dijual secara onlie di laman http://www.momohime.info dan Instagram: @momohime.halal.japan.

Selain dijual secara online, perluasan target pemasaran akan masuk ke berbagai sector, seperti hotel , toko-toko bebas bea dan toko suvenir untuk menargetkan wisatawan muslim seluruh dunia dan juga akan diekspor ke Singapura , Thailand , dan negara-negara Timur Tengah dalam waktu dekat. (fau/dbs)

 


Back to Top