Pemerintah Saudi Gratiskan Biaya Transportasi dan Akomodasi Haji Bagi Keluarga Pejuang Negaranya

(gomuslim). Pemerintah Arab Saudi memberikan  apresiasi berupa pembiayaan ibadah haji bagi para keluarga pejuang yang gugur karena membela agama dan negara. Peluang ini diberikan sebagai bentuk dedikasi negara terhadap para pejuangnya yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi negara Arab Saudi. Tidak hanya istri dan anak-anaknya, pembiayaan ibadah haji ini juga diberikan kepada kerabat para pejuang tersebut.

Menteri Pertahanan Negara Saudi Pangeran Mat’ab bin Abdullah bin Abdil Aziz membenarkan adanya program pembiayaan haji bagi keluarga pejuang yang gugur karena membela tanah airnya. Sedangkan Direktur Lembaga Para Pejuang yang berafiliasi dengan Pertahanan Negara Uqaid Fahd Syarif menjelaskan bahwa pelaksanaan instruksi ini telah dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Negara. Pelaksanaan  tersebut meliputi hal-hal kebutuhan yang telah disiapkan oleh kementerian terkait untuk diberikan kepada seluruh keluarga pejuang yang hendak melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Sejatinya program pemerintah untuk memberangkatkan jemaah haji dari keluarga para pejuang telah berlangsung beberapa tahun lalu. Program ini merupakan suatu program rutin tahunan yang wajib dilaksanakan sebagai ungkapan penghargaan negara terhadap para pejuangnya. Pada tahun lalu Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi telah memberi hadiah keberangkatan haji bagi 205 keluarga para pejuang dengan masing-masing keluarga mendapat 5 pembiayaan yang ditanggung oleh pemerintah setempat.

Dua tahun lalu tepatnya pada 2014, Almarhum Raja Abdullah Raja Abdullah juga turut memberangkatkan haji 1,000 warga Palestina di Gaza mereka adalah keluarga korban dari keganasan serangan Israel. Sejatinya warga Palestina tersebut merupakan penduduk yang berbeda negara dengan Arab Saudi namun pemberangkatan yang dilakukan itu adalah sebuah dedikasi Raja Abdullah terhadap pejuang yang membela tanah air dan agamanya.

Keluarga pejuang yang dimaksud oleh pemerintah Arab Saudi bukanlah sebatas pejuang yang gugur di medan perang, namun para petugas keamanan termasuk militer dan polisi yang wafat dalam menjalankan tugasnya juga mendapatkan santunan atau pembiayaan transportasi haji di tahun ini.

Pada dasarnya jasa para pahlawan yang membela tanah air merupakan suatu hal yang patut dihargai. Penghargaan tersebut tidak dapat diukur dengan materi yang diberikan karena hat tersebut tidak akan menggantikan besarnya nilai perjuangan mereka. Namun  apa yang telah dilakukan ini merupakan suatu perbuatan baik yang harus terus berlanjut, karena para pejuang yang telah meninggalkan kita menyisakan sebuah kemerdekaan yang dapat dirasakan oleh generasi setelahnya. (fh/alriyad)


Back to Top