Departemen Perpustakaan Masjidil Haram Selenggarakan Pelatihan Pendidikan Alquran Khusus Muslimah

(gomuslim). Masjidil Haram tidak hanya sebagai tujuan umat Muslim untuk menunaikan ibadah tawaf atau shalat. Banyak aktifitas yang diselenggarakan oleh pengurus masjid  terbesar di dunia ini, salah satunya adalah pengajian yang kerap dilakukan di dalam masjid oleh departemen khusus di bawah Lembaga Kepengurusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Belum lama ini Departemen Perpustakaan Masjidil Haram mengadakan pelatihan Pendidikan Alquran khusus bagi jemaah Muslimah. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Dr. Ibtisam binti Badr Al Jabiri seorang dosen tafsir di Fakultas Dakwah dan Usuluddin Universitas Ummul Qura’ Mekkah. Dalam pelatihan ini banyak mengarahkan para Muslimah agar mengerti cara mendidik anak khususnya tentang Alquran. 

Pendidikan yang dikhususkan untuk Muslimah ini, sejatinya mendorong mereka ke posisi sebagai sekolah pertama bagi anak yang merupakan generasi penerus umat Islam. Pola yang ditekankan pada pelatihan ini adalah kandungan isi Alquran yang disampaikan sebagai dasar pendidikan bagi anak, sehingga karakter anak tidak jauh dari nilai-nilai agama Islam yang termaktub di dalam Alquran.

Pada dasarnya, pengadaan pelatihan ini berawal dari pengamatan bahwa waktu anak dalam kesehariannya lebih banyak bersama ibu dibanding ayah. Oleh karena itu pengaruh ibu pada perkembangan pengetahuan anak menempati posisi strategis, sehingga jika sejak kecil seorang ibu mendidik anaknya dengan nilai-nilai Alquran maka hal tersebut dapat mempengaruhi karakter seorang anak.

Kegitan ini dapat diikuti oleh setiap Muslimah yang sedang menjalankan ibadah umrah, Departemen Perpustakaan Masjidil Haram kerap mengadakan pelatihan-pelatihan positif bernuansa religi khusus Muslimah. Kegiatan bersifat edukatif di Masjidil Haram  merupakan bentuk peramaian masjid serta menjadikan masjid sebagai pusat dakwah umat Islam. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi segenap umat Muslim di dunia yang diberi kesempatan untuk berkunjung ke Baitullah di Mekkah.

Harapan dari penyelenggaraan program Pendidikan Alquran ini adalah memasyarakatkan nilai-nilai Alquran bagi generasi muda yang dimulai dari rumah. Pendidikan di lingkungan keluarga memiliki pengaruh kuat untuk dapat dijadikan sebagai benteng dalam menghadapi pengaruh pergaulan bebas saat ini.

Selain menyampaikan cara pengajaran Alquran terhadap anak, pelatihan ini juga mengarahkan para ibu untuk dapat mendidik dengan metode yang diajarkan di dalam Alquran. Dengan demikian seorang ibu memiliki bekal untuk mendidik anak berdasarkan ajaran Alquran yang juga merupakan pedoman bagi seluruh umat Islam di dunia. (fh/gph)


Back to Top