Kementerian Haji dan Umrah Saudi Resmi Luncurkan Sistem Pendaftaran Online Bagi Jemaah Haji Domestik

(gomuslim). Perkembangan teknologi informasi merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan efisiensi kerja setiap orang. Hal ini dimanfaatkan oleh banyak lembaga pemerintahaan tidak terkecuali Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang menetapkan sistem pendaftaran haji secara online bagi warga negara Arab Saudi. Sistem ini diterapkan oleh otoritas Arab Saudi untuk meningkatkan efisiensi waktu serta meningkatkan layanan terhadap warganya.

Terkait dengan hal tersebut, Pusat Informasi Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan bahwa lembaga kementerian ini telah  menyetujui penerapan sistem modern dalam bidang pengembangan layanan yang diberikan kepada jamaah domestik terkait pendaftaran dan pengaduan haji secara elektronik. Dengan demikian penerapan program layanan dapat dilakukan secara online untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji. Sistem ini berlaku saat dimulainya langkah awal untuk menunaikan ibadah haji sampai selesainya ibadah tersebut dan kembali dengan selamat ke rumah mereka masing-masing.

Lembaga yang mengatur urusan haji ini menyatakan bahwa pada tahun ini, adalah tahun di mana akses pelaksanaan ibadah haji telah menggunakan layanan canggih yang akan membantu meningkatkan kinerja layanan dengan perangkat lunak. Layanan ini terdiri dari penetapan biaya dengan harga terbaik serta penyediaan fasilitas yang layak. Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan Pasal IX terkait peraturan dan pelayanan jemaah haji domestik. Kementerian Haji dan Umrah Saudi memastikan bahwa pendaftaran haji yang dilakukan secara elektronik merupakan suatu langkah terbaik dari aspek pelayanan terhadap jemaah. Selanjutnya pihak Kementerian Haji dan Umrah menyatakan komitmennya untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada jemaah haji.

Dengan diresmikannya cara baru pendaftaran haji bagi warga setempat maka kementerian ini akan memungkinkan warga negara Saudi mengakses localhaj.haj.gov.sa dan mendaftar dengan menigirmkan email berdasarkan informasi yang ditunjukkan pada situs resmi Kementerian Haji dan Umrah. Program pendaftaran ini dimulai pada (04/08/2016) sampai (09/09/2016) pukul 08:00 Waktu Arab Saudi. Hal-hal yang dapat disampaikan kepada kementerian tidak hanya terbatas pada pendaftaran haji secara online namun juga jemaah dapat menyampaikan hal penting selama menjalankan ibadah haji.

Pusat Informasi Kementerian Haji dan Umrah Saudi juga menjelaskan bahwa kementerian akan melindungi hak-hak jamaah dan menerapkan prinsip kesetaraan dalam pemberian kesempatan terhadap jemaah. Selanjutnya sistem baru ini akan mencatat warga yang terdaftar sebagai  jemaah haji sehingga jemaah dapat dipermudah dalam pemeriksaan administrasi di bandara.

Sejatinya sistem online  yang dilakukan oleh Arab Saudi juga dilakukan oleh beberapa negara lainnya, hanya saja negara lain tidak dapat menyampaikan keluhan terkait layanan terhadap jemaah selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Semestinya jemaah dari negara selain Arab Saudi diberi akses untuk dapat menyampaikan pengaduan terkait layanan atau fasilitas di Mekkah dan Madinah selama menjalankan ibadah haji. (fh/SPA)


Back to Top