Genjot Pasar, Produk Halal dan Fashion Muslim Meriahkan ITCP di Chicago

(gomuslim). Target Indonesia untuk menggenjot nilai ekspor serta memperkenalkan budaya Indonesia, mendorong negeri ini mulai aktif mengadakan berbagai pameran. Akhir pekan lalu, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago untuk pertama kalinya menyelenggarakan ajang promosi dengan tema Remarkable Indonesia Fair (RIF) 2016; Fashion Show and Trade Show, bertempat di Continental Ballroom, Hotel Hilton, Chicago, Amerika Serikat (AS).

Dalam pameran tersebut, dari sekitar 33 pelaku usaha dan instansi pemerintah yang ikut berpartisipasi, terselip beberapa nama fashion dan perusahaan yang masuk dalam kategori halal. Untuk fashion, terdapat tigas nama fashion ternama seperti Anniesa Hasibuan Boutique, Zaskia Sungkar, dan Vivi Zubedi. Untuk makanan, Indofood menjadi satu-satunya perusahaan yang telah lazim mempromosikan produk halal pada setiap produk-produknya.

Selain fashion dan mamin (Makanan dan minuman), terdapat juga sektor-sektor lainnya, seperti sektor jasa yang terdiri dari, jasa keuangan, komunikasi, dan perhotelan.

Acara yang diselenggarakan mulai pukul 10 pagi hingga pukul 7 malam waktu setempat itu, selain menyajikan produk-produk andalan di bidang fashion, makanan dan minuman, serta sektor-sektor lainnya, juga menyediakan berbagai hadiah menarik untuk para pengunjung, seperti kartu hadiah untuk Bonefish Grill, Chick-fil-a, Imperial Lamian, dan Golden Corra, Selfie Sticks dari MetroPCS, paket Dua tour Bali - Labuan Bajo dari Foressa Bali Tours, Perhiasan & Aksesoris Set dari Lady Quaint, serta Round-trip Tiket ke Indonesia dari Japan Airlines.

Acara pertama kali dibuka dengan menghadirkan tarian tradisional dari daerah-daerah di Indonesia, dilanjutkan dengan seminar tentang pariwisata Indonesia yang bertajuk, “Eksplore and discover wonderful Indonesia”. Kemudian dilanjutkan dengan pameran budaya yang menghadirkan berbagai tarian tradisional dan music khas Indonesia, dengan tema “Harmony in Diversity”, workshop “Batik Painting”, Talkshow dengan tema, “Batik: Indonesia’s Intangible Asset”, demo memasak masakan Indonesia, pameran fashion show Indonesia, hingga perhargaan duta budaya Indonesia.

Kepala ITPC Chicago Wijayanto menyatakan optimistis bahwa ajang promosi tersebut dapat memberikan arti penting bagi upaya pemerintah dalam meningkatkan  branding tentang Indonesia di negeri Paman Sam. Ke depannya, ITPC Chicago akan menjadikan pameran tersebut sebagai agenda tahunan.

Lebih lanjut lagi, ia mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi momentum untuk menyuguhkan Indonesia dari sisi lain yang  menjadi keunikan tersendiri bagi Indonesia. "Kekuatan kegiatan ini tak hanya mengenalkan produk barang dan jasa dari Indonesia, tetapi juga menyuguhkan Indonesia dari sisi keragaman budaya, sejarah, hingga ekonomi kepada masyarakat AS, khususnya di wilayah Midwest," Ujarnya.

Untuk menghadirkan lebih banyak pengunjung, berbagai cara telah ditempuh untuk mensukseskan acara perdana tersebut. Mulai dari memasang pengumuman di beberapa tempat umum, seperti transportasi publik yang terdiri dari kereta dan bus umum, media sosial, hingga direct information kepada diaspora Indonesia yang berada di Chigago dan daerah Amerika lainnya. (alp/dbs)

 


Back to Top