Foto Berumur 131 Tahun Ditemukan, Seperti Inilah Masjidil Haram Tempo Dulu

(gomuslim). Yayasan King Abdul Aziz baru-baru ini menemukan barang langka berupa foto lama yang telah berumur 131 tahun.  Meski telah berumur lebih dari seratus tahun, namun foto tersebut masih tetap utuh dan tidak ada kerusakan gambar yang terlihat. Namun sayangnya Yayasan King Abdul Aziz tidak memberitahukan tempat penemuan foto tersebut. Dalam foto tampak jelas gambaran Masjidil Haram yang diambil dari dalam masjid. Jemaah haji yang terlihat di dekat Kakbah pun belum sebanyak saat ini.

Foto ini dihasilkan dari tangkapan kamera Abdul Ghafar Bagdadi pada 1885. Ketika itu, tentunya teknologi belum maju seperti sekarang ini. Oleh sebab itu kemungkinan kamera yang digunakan adalah Pelat Kering Collodion yang telah ada sejak 1885 atau kamera Brownie yang merupakan awal diadakannya kertas film sebelum beralih ke seluloid pada 1889.

Jika dibandingkan dengan foto Masjidil Haram saat ini tentunya banyak perbedaan yang ditemukan dalam gambar tersebut. Misalnya saja, dari mimbar yang saat itu berdekatan dengan Kakbah, kemudian di area tawaf terdapat bangunan berwarna putih dan saat itu belum terlihat menara azan bahkan tidak ada bangunan tinggi menjulang seperti sekarang ini, seolah-olah Masjidil Haram masih seperti perkampungan yang banyak dikunjungi orang. Sedangkan saat ini di area tawaf ruang jemaah tampak lengang tidak ada bangunan berdiri ditengah-tengahnya.

lhlh

Foto yang ditemukan ini menjadi koleksi  Yayasan King Abdul Aziz dan untuk selanjutnya dijadikan sebagai informasi pengetahuan bagi umum. Foto yang ditemukan dan dapat didokumentasikan tersebut merupakan bentuk manfaat dari ilmu pengetahuan dalam menemukan teknologi. Sejatinya penemuan kamera tidak terlepas dari Ibnu Haytam fisikawan Muslim asal Bashrah Irak. Lewat bukunya Kitab Manazhir  (Buku Tentang Optik, pen), kemudian ia membuktikan teori-teori dalam buku tersebut lantas dikembangkanlah menjadi Albait Al Muzlim (Ruang Gelap) atau saat ini lebih dikenal dengan kamera obscura.

Yayasan King Abdul Aziz adalah lembaga riset dan kearsipan nasional yang didirakan pada 1972 oleh keluarga kerajaan. Yayasan ini banyak menyimpan arsip nasional terkait sejarah berdirinya Negara Arab Saudi tidak terkecuali kondisi Masjidil Haram dari masa ke masa seperti halnya pada penemuan foto ini. (fh/Akhbar24)


Back to Top