Penulis Australia Ini Ajak Anak Pede Berhijab Lewat Buku ‘Hijabi Girl’

(gomuslim). Baru-baru ini seorang penulis asal Australia menulis buku tentang percaya diri dengan hijab melalui cerita anak-anak. Buku berjudul Hijabi Girl ini ditulis oleh penulis Hazel Edwards dan Ozgen Alkan yang merupakan pustakawan di perpustakaan setempat. Sedangkan ilustrasi buku ini dikerjakan oleh Serena Geddes.

Hijabi Girl adalah buku cerita anak-anak yang menceritakan tentang seorang anak perempuan dengan hijabnya mempunyai passion untuk bergabung dengan tim sepakbola di sekolahnya dan tertarik dengan Australian Football League (AFL). Melalui cerita-ceritanya, dua penulis ini ingin berbagi kepada anak-anak untuk tidak terlalu peduli dengan perkataan orang lain yang mencaci maki dengan label-label tertentu (dalam hal ini-hijab) dan cerita di buku ini juga mengajarkan anak-anak betapa pentingnya menghargai orang lain, serta tentang bersyukur terhadap latar belakang budaya atau agama mereka.

Tokoh utama di buku ini adalah gadis berusia depalan tahun yang bernama Melek. Dengan hijabnya, ia mendapat banyak tantangan selama di sekolah, seperti tentang gurunya Lily atau Zac temannya yang tak menyukai Melek bergabung di tim sepakbola sekolah. Tapi dengan keberanian dan keoptimisannya, Melek bisa meyakinkan warga sekolah untuk membuat tim sepakbola khusus perempuan. Setelah itu, Melek pun banyak diberi tantangan lain, seperti pembuatan motif hijab untuk pemain sepakbola perempuan sampai mengatur pertandingan Aussie Rules Girls.  

 Buku yang resmi luncurkan pada April 2016 lalu di Perpustakaan Craigieburn, Australia ini hadir pertama kali dari ide Ozgen Alkan, yang harus mengatur parade buku karakter anak untuk para murid di sebuah Sekolah Islam Australia. Seperti dilansir dari StarWeekly, Ozgen mengatakan di sekolah tersebut hijab adalah seragam dan hal ini berarti banyak karakter asli murid-murid itu yang harus menyesuaikan dan sering berubah untuk menyesuaikan dengan karakter muslimah berhijab. 

Karena itu, ketika Ozgen Alkan bertemu dengan penulis Hazel Edwards, dia memintanya untuk menulis sebuah buku yang bercerita tentang anak perempuan yang berhijab. Setelah melalui banyak diskusi, mereka berdua sepakat untuk menulis buku Hijabi Girl ini bersama-sama. Selain menulis buku ini, Hazel Edward lebih dulu terkenal dengan buku serial anak-anak berjudul There’s a Hippopotamus on Our Roof Eating Cake. Sedangkan Olzen Alkan adalah seorang pustakawan buku anak-anak. Setiap tahun Ozgen Alkan mengatur parade buku karakter anak di sekolah tempat ia bekerja sebagai pustakawan. Dia adalah muslimah berhijab yang juga penggemar tim sepakbola Aussie Rules. Hijabi Girl dapat dibeli melalui toko buku online Amazon.com denga harga 10.50 dolar. (fau/dbs)


Back to Top