Lengkap, Produksi Kiswah Khusus Penutup Pintu Kakbah Juga Dinyatakan Selesai

(gomuslim). Belum lama ini kiswah penutup empat sisi permukaan Kakbah dinyatakan telah selesai diproduksi. Namun Lembaga Khusus Pembuatan Kiswah menyatakan bahwa kesulitan pembuatan terletak pada penyulaman kaligrafi dengan benang emas. Kaligrafi tersebut paling banyak berada di sabuk Kakbah dan juga kiswah yang menutupi pintu, maka ketika empat sisi tembok Kakbah telah selesai diproduksi, bagian penutup pintu masih dalam tahap penyelesaian.

Kini, kiswah yang menutupi pintu Kakbah tersebut telah selesai diproduksi dan telah dipublikasikan di situs resmi Pengurus Masjid Haramaian (gph.gov.sa).  Dengan berakhirnya proses produksi kiswah penutup pintu Kakbah ini, maka pembuatan kiswah untuk keseluruhan pada tahun ini dinyatakan selesai. Direktur Lembaga Pembuat Kiswah Kakbah Dr. Muhammad Abdullah Bajudh menjelasakan bahwa kiswah pada tahun ini merupakan pesanan Raja Salman untuk dihadiahkan sebagai penutup Kakbah.

Jika diperhatikan secara seksama, pintu Kakbah terbuat dari lapisan emas murni namun masih ditutupi lagi dengan kain sutra khas yang dibaluri dengan sulaman kaligrafi berbenang emas dan perak. Hal ini menunjukkan kemewahan dan kebanggaan tersendiri bagi setiap pemimpin Arab Saudi setiap periode, selain itu kemewahan kiswah menjadi anggapan sebagai bentuk untuk memuliakan Kakbah.

Adapun kiswah yang menutupi pintu Kakbah berukuran panjang 6,35 m dan lebar 3,33 m, selanjutnya kiswah ini nantinya menutupi beberapa bagian pintu yang letaknya di sebelah timur Kakbah atau dikenal dengan sebutan ‘barqa’ posisinya berada di dekat Multazam. Bentuk hiasan kaligrafi ayat Alquran pada kiswah tersebut berada di dalam garis kotak-kotak yang terbuat dari benang perak. Selain kaligrafi, sulaman benang emas digunakan juga untuk pembuatan ornamen khusus sebagai pelengkap hiasan kiswah.

jljljl

Setelah  kiswah selesai diproduksi, adapula 2 kantong kecil berwarna hijau bersulam kaligrafi berbenang emas juga selesai diproduksi. Kedua kantong tersebut diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan kunci pintu Kakbah dan juga kunci Makam Ibrahim.  Meski hanya sebagai tempat penyimpanan kunci, namun kain hijau tersebut menjadi istimewa ketika kunci yang diletakkan di dalamnya adalah kunci Kakbah dan Makam Ibrahim a.s. Setelah keseluruhan bagian kiswah selesai diproduksi maka pada 9 Dzulhijjah kemungkinan besar kiswah yang lama akan diganti. (fh/gph)


Back to Top