Evaluasi Umrah Ramadhan: Departemen Penanganan Keramaian Perlu Tingkatkan Kinerja Saat Musim Haji

(gomuslim). Umrah Ramadhan telah berlalu, kini Pengurus Masjidil Haram mengavaluasi hasil kerja para petugas terkait penangan jemaah yang jumlahnya mencapai jutaan jiwa. Jika merujuk pada hasil survey yang dilakukan Badan Studi Statistik Mekkah belum lama ini, menunjukkan bahwa angka kepuasan jemaah meningkat dalam kurun 40 tahun belakangan ini. Namun saat berlangsungnya evaluasi, semua rekaman CCTV diperlihatkan kepada Wakil Ketua Umum Pengurus Nabawi Dr. Muhammad bin Nasir Al Khuzaim, disimpulkan perlu peningkatan penanganan pada saat keramaian juga meningkat.

Ketika diperlihatkan langsung semua pergerakan jemaah melalui rekaman CCTV, maka terlihat kepadatan jemaah yang terjadi saat musim Ramadhan kemarin dapat diatur dengan baik oleh Departemen Penanganan Kepadatan Jemaah Masjid Haramaian. Namun terkait hal itu, Khuzaim menjelaskan bahwa departemen yang mengawasi dan mengatasi keramaian harus mempersiapkan strategi baru serta semangat yang lebih besar dalam menjalankan tugas di musim haji nanti.

Pada musim haji tahun, tentunya Masjidil Haram akan padat dengan kerumunan jutaan umat Muslim yang datang dari berbagai bangsa dan negara. Semua pihak yang ditugaskan untuk melayani jemaah diharapkan dapat bekerja dengan baik, selain itu, petugas pun diminta untu bekerja secara efektif agar semua jemaah dapat merasakan kenyamanan dalam menjalankan ibadah yang merupakan rukun Islam yang kelima ini.

lfjs;dfaj

Terkait imbauan yang diberikan oleh Wakil Ketum Masjid Haramain itu, maka Faris bin Fayazmala selaku Direktur Departemen Penanganan Kepadatan Jemaah menjelaskan bahwa semangat anggotanya tidak akan berhenti sampai di musim umrah Ramadhan , namun akan terus ditingkatkan terlebih saat memasuki musim haji di tahun ini.

Meski pada musim umrah Ramadhan kemarin, petugas penanganan keramaian jemaah di Masjidil Haram tergolong mampu mengatasi keramaian jemaah, namun bukan berarti tidak ada kesalahan yang dilakukan sehingga terjadi hal-hal yang semestinya harus terus diperbaiki.  Pada dasarnya penyelenggaraan umrah pada tahun kemarin tergolong lancar tanpa ada hal-hal negatif yang terjadi dan bersifat membahayakan banyak pihak.

Dengan belajar dari peristiwa pada musim umrah baru-baru ini, maka selanjutnya upaya penanganan jemaah terus ditingkatkan dengan mengaplikasikan sistem kerja yang baru dan juga menguatkan mental para petugas. Sejatinya menangani jemaah yang berjumlah jutaan orang bukanlah hal yang mudah, namun setiap petugas harus ditanamkan pemahaman bahwa tugas yang mereka kerjakan merupakan tugas mulia dalam membantu tamu Allah yang sedang beribadah. (fh/gph)


Back to Top