Siap 'Go International', Muslim Fashion Rusia Menggeliat

(gomuslim). Rusia sebagai salah satu negara dengan muslim minoritas ternyata juga melirik pasar konsumen muslim. Hal ini terbukti dari industri produk halal yang berkembang di negara tersebut dan juga banyak event besar berlangsung untuk pemasaran produk halal mereka di tingkat Internasional. Tak lupa juga dengan produk muslim modest wear Rusia yang sedang naik daun saat ini. Demi melakukan promosi secara global, produk ini pun aktif ikut serta di banyak event nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah event yang baru-baru ini terselenggara di Rusia. Adalah event Moscow International Moscow Halal Expo 2016 yang berlangsung di Sokolniki Exhibition Convention Centre, Rusia pada (2-5/06/2016). Acara ini adalah pameran Internasional yang menampilkan produk-produk halal dengan diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan dari 25 daerah di Rusia dan 20 negara dalam pameran serta kompetisinya. Event ini menjadi semakin meriah dengan tambahan segmen forum diskusi internasional, yaitu Exhibition and Moscow Halal Economy Forum yang menghadirkan 40 delegasi negara-negara undangan.

Pada acara pembukaan Moscow Halal Expo 2016, Dilyara Sadrieva Ketua The Islamic Fashion and Design Council (IFDC) Rusia mengatakan bahwa perkembangan industri modest wear di Rusia semakin pesat. Katanya, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, ada pertumbuhan presentase banyak tren popular di Rusia. Hal ini juga menjadi angin segar bagi produk muslim fashion di negara tersebut.

“Saat ini Rusia adalah termasuk 10 negara di dunia yang merupakan produsen modest muslim wear dan juga sebagai salah satu dari destinasi utama untuk industri produk halal untuk konsumen muslim. Hal ini memungkinkan Rusia terus melebarkan sayap di industri muslim fashion. Apalagi pada tahun 2015, menurut data Salaam Gateway, sebanyak 244 milyar USD yang dikeluarkan masyarakat muslim Rusia untuk berbelanja, “ katanya.

Untuk itu, lanjut Dilyara, IFDC pindah dari konsep Islamic clothing menjadi modest fashion, karena menerapkan syarat untuk baju Islami itu sama dengan menerapkan syarat berpakaian bagi agama lain.

 “Ada sebuah pemikiran dalam melirik pasar modest fashion. Apalagi saat ini di Rusia ada 25 lebih brand besar dengan banyak toko online juga toko offline. Selama lima tahun terakhir, ada sebuah revolusi terhadap industri muslim fashion. Hal ini berkaitan dengan lahirnya generasi baru muslim yang paham mode juga aktif dalam dunia online, “ jelas Dilyara Sadrieva, seperti dilansir dari publikasi Halalincorp.

Dilyara juga mencatat bahwa ada banyak cara untuk menjangkau segmen ini, tetapi penting untuk mengetahui bagaimana melakukannya dengan benar dan efisien. "Waktu telah datang untuk menggabungkan upaya untuk memperluas batas-batas pemikiran, untuk menyingkirkan stereotip terhadap hijab dan Islam. Pakaian untuk wanita Muslim hanya dikaitkan dengan busana Timur atau dengan pakaian tradisional yang mencerminkan preferensi nasional berbagai orang Muslim telah berlalu. Generasi baru Muslim adalah terdidik, serbaguna, spiritual, menggambarkan inspirasi dari Alquran. Ciri khas mereka adalah identitas diri, persahabatan, pendidikan, dan fashion. Hal yang membuat pasar bagi umat Islam dari generasi baru ini unik adalah asal multikultural dan pengembangan jaringan sosial. Mereka ingin memakai pakaian yang memenuhi persyaratan iman mereka dan pada saat yang sama untuk memenuhi cara hidup modern, “ tambah Dilyara.

Selain itu, kata Dilyara, industri muslim fashion di Rusia siap bersaing dengan produk Negara lain untuk menyemarakkan industri muslim fashion dunia melalui berbagai komunitas muslimah yang tersebar di Rusia, tentu juga dengan peningkatkan produksi yang baik, serta mendukung perkembangan sektor-sektor ekonomi Islam di negara tersebut.

Selain Dilyara sebagai perwakilan dari The Islamic Fashion and Design Council Rusia, ada perempuan Rusia yang lain ikut berpartisipasi dalam event Moscow Halal Expo 2016 tersebut dalam segmen muslim fashion, di antaranya adalah Harun Rashid founder Islamic Design House, Stanislava Nejmetdinova guru the British Design school, Rustam Kashapov founder and director of the Maidenly multi-brand online shop, Amina Surpkelova Honourary consul of the Expo&Women organization, dan Alena Popova editor Internet in fashion industry study guide. (fau/dbs)

 

 


Back to Top