Produk Halal Indonesia Potensial Kuasai di Pasar ASEAN

(gomuslim). Hari ini produk halal sedang diminati oleh banyak konsumen. Entah itu makanan, minuman, kosmetik ataupun produk kesehatan. Tentu Indonesia tak mau ketinggalan dalam menawarkan produk halalnya kepada pasar domestik maupun internasional.

Jika dikatakan bahwa MEA nanti yang tercepat dan siaplah yang akan memenangkan hati pelanggan. Indonesia dengan segala daya dan kemampuannya, mau tidak mau juga harus mempersiapkan diri untuk menarik hati pelanggan baik tingkat ASEAN maupun dunia.

Pasalnya MEA ini, negara yang muslimnya minoritas pun ikut meramaikan pasar halal ASEAN. Ketakutan dari pengamat pasar halalpun tak bisa disalahkan, bahwa masyarakat Indonesia sangat minat terhadap produk halal. Diperkirakan akan terjadi perebutan pangsa pasar produk halal yang tidak hanya dilakukan antar dunia usaha Indonesia tetapi lintas ASEAN.

Namun hal ini justru dibantah dengan banyaknya pembeli mancanegara yang berminat terhadap produk halal Indonesia. Saat itu produk halal Indonesia sedang diperkenalkan di pameran Mihas  2016, The 13th Malaysia International Halal Showcase di Kuala Lumpur, yang berlangsung sejak 30 Maret hingga 2 April 2016.

Produk Indonesia hanya perlu sering-sering diperkenalkan di pameran Internasional. Imbasnya dalam beberapa tahun terakhir, transaksi terus meningkat dan jenis produk yang diminati terus bertambah. Ini jelas menunjukkan kualitas, harga maupun kemampuan berproduksi mampu bersaing dengan produk halal dari negara lain.

Dari pameran tersebut terbukti bahwa produk halal Indonesia begitu diminati. Hal ini terlihat dari transaksi tahun 2013, hasil transaksi baru sekitar satu juta ringgit dan tahun 2014 meningkat menjadi 2 juta ringgit. Bahkan tahun 2015 mencapai 2,5 juta ringgit Malaysia setara Rp8 miliar.

Para peserta juga mendapat manfaat dari keikutsertaan dalam pameran ini, khususnya peserta dari Tanah air. Selain penjualan, peserta juga dapat mempelajari perkembangan produk dari negara lain yang ikut dalam pameran tersebut.

Produk halal Indonesia bagaimanapun tidak akan kalah dengan produk halal negara lain, selagi masyarakat tanah air tetap cinta terhadap produk dalam negerinya sendiri. Dan juga peran pemerintah dalam membantu pengusaha mempermudah promosi dan regulasinya. (mrz/dbs)

 


Back to Top