India Buat Aplikasi Anti Hilang Untuk Jemaah Haji

(gomuslim). Setiap tahun seluruh muslim dunia menjalankan salah satu ibadah rukun Islam, yaitu pergi ke tanah suci. Kuantitas jemaah haji dari berbagai negara membuat pelayanan juga keamanan terus diprketat selain dnegan berbagai fasilitas di dua kota, yaitu Makkah dan Madinah yang semakin baik. Dengan banyaknya jemaah haji yang datang di setiap tahunnya, banyak sekali laporan jemaah haji hilang atau tersesat. Untuk mengatasi hal itu, Negara India menciptakan sebuah aplikasi smartphone atau mobile application yang berbasis internet untuk memudahkan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji.

 Aplikasi yang bernama Indian Haji Accomodation Locator ini memungkinkan jemaah haji India untuk mengakses semua informasi yang berhubungan dengan segala prosesi ibadah haji. Penggunaan aplikasi ini pun relatif mudah, cukup dengan memasukan cover number jemaah haji atau nomor passport, para jemaah akan mendapatkan rinician tentang akomodasi termasuk jumlah bangunan, jumlah tenda atau nomor kantor dan juga peta dari jalur yang biasa digunakan oleh para pejabat dan relawan di Mekkah, Mina atau Madinah.

Sebelumnya,  jemaah haji asal India akan diberikan kartu SIM yang dapat digunakan saat menunaikan ibadah haji. Dengan begitu para jemaah bisa terus berhubungan dengan pihak konsulat negara untuk mendapatkan pengumuman penting. Indian Haji Accomodation Locator juga dapat memungkinkan keluarga dari jemaah untuk melacak lokasi keberadaan anggota keluarga yang menunaikan ibadah haji.

Aplikasi yang bisa dijalankan pada smartphone ini sengaja dibuat pemerintah India untuk menjamin keselamatan jamaah haji. Pada aplikasi ini terdapat beberapa  fitur untuk mengetahui lokasi keberadaan jamaah, nomor kontak konsulat, jalur perjalanan yang bisa ditempuh ke berbagai lokasi, hingga fasilitas emergency untuk jamaah yang tersesat. Jamaah haji dapat mengakses aplikasi ini hanya dengan memasukkan nomor pasport mereka  ketika login.

Indian Haji Accomodation Locator bisa digunakan pada Android maupun Apple dan dapat diunduh secara gratis di play store atau di Mac app store.  

"Kami akan memanfaatkan setiap bentuk teknologi baru, dari Google Maps dan aplikasi smartphone, untuk Facebook, klip YouTube dan pesan teks, untuk membuat perjalanan jamaah India senyaman mungkin," kata Konsulat  Jenderal India B.S. Mubarak, seperti dilansir dari publikasi Arabnews.

Kata Mubarak, ide aplikasi ini adalah untuk menggunakan setiap alat yang tersedia dan gadget untuk menjaga jemaah dalam satu lingkaran komunikasi Pemerintah India. Salah satu masalah utama yang jemaah haji India temui selama haji adalah kehilangan jalan mereka dan tidak mampu untuk menemukan akomodasi mereka, terutama di  Mina.

"Setelah di-download, yang harus jemaah lakukan adalah klik pada ikon aplikasi dan masukkan nomor SIM card setiap jemaah atau  nomor paspor dan mereka akan mendapatkan rincian lengkap tentang akomodasi mereka, termasuk nomor bangunan, jumlah tenda atau 'maktab' (kantor) nomor, ditambah dengan teknologi satelit atau peta jalan yang akan membawa mereka ke lokasi tujuan, di Makkah, Mina atau Madinah, " jelas Mubarak.

Selain aplikasi tersebut, pemerintah India juga memberikan sebuah kartu sim (simcard) khusus bagi setiap jemaah. Hal ini agar seluruh kontak jemaah haji bisa masuk ke dalam sistem untuk menjamin keselamatan jemaah. (fau/dbs)

 

 


Back to Top