Punya Pulau Muslim ‘Ko Panyi’, Thailand Sulap Jadi Destinasi Wisata Halal Eksotis

(gomuslim). Konsep wisata halal memang sedang naik daun saat ini. Hal tersebut membuat banyak negara berlomba-lomba menghadirkan paket wisata beserta fasilitas lain demi menjamu para turis muslim yang berkunjung ke destinasi wisata mereka. Begitu juga dengan negara dengan muslim minoritas yang tak membuat patah arang untuk menyuguhkan destinasi wisata halal. Salah satunya adalah Pulau Muslim Ko Panyi.

Meskipun mayoritas masyarakatnya beragama Budha, ternyata pulau yang berada di Thailand ini terdapat  pemukiman Muslim, tepatnya di sebuah pulau dekat Phuket. Pada pulau tersebut, seluruh penduduknya beragama Islam. Pulau Muslim ini terletak di Provinsi Phang Nga yang merupakan provinsi kepulauan. Pulau Ko Panyi terletak tak jauh dari Phuket, cukup menempuh 30 menit perjalanan kapal untuk sampai ke sana. Pulau Ko Panyi yang juga sering disebut  Moslem Village ini, menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Thailand.

Uniknya, nama pulau ini justru berasal dari salah satu bahasa daerah di Indonesia. Kata ‘Panyi’ sendiri berasal dari bahasa Jawa ‘panji’ alias bendera. Hal tersebut dikarenakan, pulau ini memang pertama kali di datangi oleh warga Jawa. Mereka menancapkan bendera (panji) untuk menandai teritori.

Saat singgah pertama kali di pulau ini, mata turis akan langsung tertuju pada pemandangan bangunan masjid berkubah emas. Masjid tersebut bernama Masjid Panyi yang dibangun dengan tembok putih bersih dan kubah emasnya yang  terlihat sangat mencolok di tengah pulau. Setiap waktu shalat, adzan berkumandang dari arah masjid.  Sedangkan di dekat dermaga, terdapat lapangan futsal terapung yang jadi salah satu keunikan Ko Panyi. Pulau Ko Panyi ini dihuni sekitar 2.000 warga Muslim. Kesederhanaan dan keramahtamahan menjadi ciri khas mereka. Para perempuan di pulau ini juga mengenakan hijab, seperti wanita Muslim pada umumnya.

Selanjutnya, pada bagian tengah pulau tersebut, turis muslim dapat menemukan pasar suvenir dan oleh-oleh. Ada atu gang penuh pedagang menjajakan suvenir mulai dari kaus hingga makanan ringan. Beragam kuliner halal juga terdapat di tempat tersebut di antaranya, udang kering dan donat  isi puding rumput laut.

Thailad memang unggul dalam hal rekomendasi wisata halal bagi turis muslim. Hal tersebut terbukti dari  posisi tertinggi dalam hal jumlah turis muslim yaitu enam juta orang yang menikmati wisata halal yang ditawarkan Thailand. Fakta tersebut membuktikan Thailand lebih unggul dari Indonesia, Malaysia, dan Singaura. Untuk Indonesia sendiri yang menargetkan 20 persen dari 10 juta wisatawan mancanegara menikmati wisata halal yang ditawarkan, yang berarti setidaknya dua juta orang ditargetkan menjadi pasar untuk wisata halal di Indonesia, seperti dilansir dari publikasi halhalal. Namun, ternyata angka tersebut masih lebih sedikit dibanding angka yang berhasil diraih negara lain untuk wisata halal, seperti Thailand, Malaysia dan Singapura. Singapura menargetkan empat juta wisatawan dan Malaysia menargetkan lima juta orang. (fau/dbs)

 

 


Back to Top