PT Aladdin DotKom, E-commerce Indonesia Incar Pasar Halal Dunia

(gomuslim). Saat ini akad jual-beli sudah tak harus saling bertemu langsung, hanya dengan asas saling percaya, jual beli jarak jauhpun menjadi trend jaman sekarang. Namun, jual beli model seperti ini dari kedua belah pihak harus lebih waspada terhadap penipuan. Karena celah akan selalu dicari untuk mengambil untung dari pebisnis yang lengah.

Terkait bisnis jarak jauh ini salah satunya dinamakan dengan e-commerce. Apa itu e-commerce? E-commerce atau bisa disebut perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televise, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Dengan kemajuan teknologi, jual beli menjadi lebih mudah dengan transaksi jarak jauh. Karena hal ini menyingkat banyak hal, misalnya menyingkat waktu untuk bertemu, biaya dll. Menurut seorang pelaku e-commerce, Achmad Raiwan Amin menyebutkan, e-commerce di ASEAN akan berkembang pesat lebih dari 6 kali lipat menjadi 200 milyar dolar AS pada 2025, didorong oleh terutama pasar ritel e-commerce online.

Menurut Chairman PT Aladdin DotKom Indonesia Achmad Raiwan Amin, temuan Google memperlihatkan bahwa produk halal berkualitas premium berpotensi untuk meluas di seluruh dunia. Tentu menyadari hal ini, PT Aladdin DotKom Indonesia sebagai salah satu e-commerce, akan memanfaatkan momen permintaan produk halal berkualitas premium yang diprediksi akan melampaui Asia dan tersebar di seluruh dunia. Tidak mungkin tidak dimanfaatkan.

Saat ini saja, beberapa riset menyebutkan bahwa industry halal global, termasuk keuangan syariah diperkirakan akan mencapai 2,3 triliun rupiah. Melihat potensi itu, PT Aladdin DotKom Indonesia pada kuartal IV 2016 akan meluncurkan e-market untuk mempromosikan produk halal berkualitas premium dunia. Aladdinstreet akan menjadi e-marketplace pertama untuk produk halal dunia melalui dua platform yakni http://www.aladdinstreet.id dan http://www.aladdinstreet.com.

Link http://www.aladdinstreet.id merupakan platform e-commerce domestik yang berfokus pada e-marketplace domestik yang menyediakan akses pasar lokal untuk UKM dan bisnis untuk lebih melayani masyarakat setempat. Sedangkan link http://www.aladdinstreet.com adalah platform e-commerce internasional yang akan menyediakan platform global tunggal untuk bisnis, produsen dan pedagang untuk terlibat dalam perdagangan lintas batas secara efisien dan efektif mengambil produk dan jasa Indonesia ke pasar global.

Menurut Direktur Aladdin DotKom, Aladdinstreet.id awal usahanya difokuskan pada pasar muslim yang berkembang dan didirikan di Indonesia. Selain itu, setelah permintaan produk halal dan berkualitas premium dari negara noon-muslim seperti Cina, Eropa, Jepang, Amerika Serikat meningkat. Maka kami mengembangkan marketplace-nya menjadi lebih luas.

Pihak Aladdin Group yakin dengan kedua platform tersebut, karena mereka memiliki posisi terbaik di kedua sisi domestik dan internasional dengan memanfaatkan pada jaringan global joint-venture kantor di lebih dari 30 negara di tahap 1. Negara-negara seperti Cina, India, ASEAN, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Serikat yang meliputi populasi global sekitar 4 miliar konsumen.

“kami berharap dengan kedua platform ini dapat memperluas produk halal berkualitas premium milik Indonesia,” katanya. (mrz/dbs)

 


Back to Top